Bola Internasional

Soroti Timnas Indonesia, Brylian Aldama: Perlu Benahi Teknik Dasar dan Mental

Sabtu, 19 Februari 2022 14:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Brylian Negietha Dwiki Aldama, alumni Garuda Select yang dipanggil ke Timnas Indonesia U-19. Copyright: © Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Brylian Negietha Dwiki Aldama, alumni Garuda Select yang dipanggil ke Timnas Indonesia U-19.

INDOSPORT.COM - Pemain sepak bola Indonesia di luar negeri, Brylian Aldama, melihat apa saja kekurangan yang masih menjadi momok bagi Timnas Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Brylian Aldama juga merupakan gelandang jebolan Timnas Indonesia. Di kelompok usia muda, Brylian tergabung di skuat Persebaya Surabaya.

Namun selebihnya, Brylian lebih banyak menghabiskan waktu di luar negeri. Pemain 19 tahun itu pernah merumput bersama tim Garuda Select di Inggris dan juga Italia.

Kemudian, memasuki tahun 2021, Brylian Aldama bergabung di tim Liga Kroasia, HNK Rijeka, walau akhirnya ia dipinjamkan ke tim Liga 3 setempat, yaitu tim NK Pomorac 1921.

Sayangnya, Brylian Aldama terlibat cedera, sehingga ia sering absen bermain di timnya, bahkan ia juga tidak dipanggil ke Timnas Indonesia oleh pelatih Shin Tae-yong.

Selama berkarier di luar negeri, pandangan Brylian Aldama terbuka. Menurutnya, masih ada kekurangan di Timnas Indonesia, yang mestinya harus segera dibenahi.

"Memang kita kayak sudah ketinggalan jauh, dari segi mental, teknik dasar aja kita masih sering dikoreksi sama Coach Shin Tae-yong," ungkap Brylian Aldama.

"Bahkan kemarin Shin Tae-yong juga bilang passing-nya orang Indonesia masih kurang, mentalnya masih kurang," ucap Brylian saat berbincang bersama Youtuber Roy Ricardo.

"Yang dibilang Shin Tae-yong itu memang benar, kadang kita passing aja masih salah. Itu kan balik lagi ke tiap pemain, kita harus benar-benar benahin basic-nya," jelasnya.