In-depth

3 Pemain Bukti Kejeniusan Jurgen Klopp Bangun Dinasti Emas di Liverpool

Selasa, 22 Februari 2022 21:34 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Ryan Pierse/GettyImages
Jurgen Klopp jadi salah satu manajer tersukses Liverpool sepanjang masa. Foto: Ryan Pierse/GettyImages. Copyright: © Ryan Pierse/GettyImages
Jurgen Klopp jadi salah satu manajer tersukses Liverpool sepanjang masa. Foto: Ryan Pierse/GettyImages.

INDOSPORT.COM - Melihat tiga sosok pemain yang benar-benar jadi bukti bagaimana Jurgen Klopp telah membangun dinasti emasnya selama membesut klub Liga Inggris, Liverpool.

Setiap pelatih mungkin pernah memiliki generasi emas milik mereka sendiri di sebuah klub maupun timnas, entah itu karena berisikan pemain-pemain bintang maupun memborong banyak trofi selama periode tertentu.

Begitu pula Jurgen Klopp, yang telah memasuki tahun ketujuhnya bersama Liverpool. Pelatih sepak bola asal Jerman ini sebelumnya sukses membesut Borussia Dortmund dengan menyumbangkan sejumlah gelar.

Ia juga membawa Mainz 05 promosi ke kompetisi kasta tertinggi setelah finis di peringkat tiga 2.Bundesliga pada musim 2003-2004.

Prestasi yang tidak kalah hebatnya ternyata juga ia sumbangkan untuk Liverpool, mulai dari Liga Champions, Piala Dunia Antarklub, Piala Super Eropa, sampai gelar Liga Inggris yang telah diidam-idamkan The Reds selama tiga dekade.

Namun semua itu tentu tidak diperoleh melaui hasil sulap dalam semalam. Butuh eksperimen dan juga effort yang cukup lumayan untuk membentuk skuat The Reds yang sekarang.

Apalagi saat datang, Jurgen Klopp berjumpa dengan Liverpool yang masih berkutat mencari manajer terbaik setelah Rafael Benitez.

Beberapa nama seperti Kenny Dalglish, Roy Hodgson, dan Brendan Rodgers sempat menghiasi daftar manajer mereka sejak tahun 2010 silam. Namun tidak ada satu pun yang bertahan cukup lama di Liverpool.

Klub akhirnya merekrut Jurgen Klopp dari Borussia Dortmund, yang berhasil membuat revolusi di Liverpool yang hancur setelah Brendan Rodgers gagal membawa mereka juara Liga Inggris.

Puncak keberhasilan Jurgen Klopp terjadi pada periode 2018-2020 ketika sukses memenangkan Liga Inggris, Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.