Liga Champions

Dampak Invasi Rusia ke Ukraina, Laga Final Liga Champions Pindah ke Inggris?

Selasa, 22 Februari 2022 12:28 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Indra Citra Sena
© REUTERS/Alessandro Garofalo
Selebrasi pemain PSG setelah Kylian Mbapp mencetak gol ke gawang Real Madrid pada laga Liga Champions (16/02/22). FOTO: REUTERS/Alessandro Garofalo Copyright: © REUTERS/Alessandro Garofalo
Selebrasi pemain PSG setelah Kylian Mbapp mencetak gol ke gawang Real Madrid pada laga Liga Champions (16/02/22). FOTO: REUTERS/Alessandro Garofalo

INDOSPORT.COM – Petinggi UEFA dikabarkan berencana memindahkan tempat laga final Liga Champions 2021-2022 jika Rusia benar-benar menginvasi Ukraina.

Dilansir Daily Mail, kabarnya laga final kompetisi nomor satu Eropa ini bakal dihelat di Gazprom Arena yang bertempat di kota Saint Petersburg pada 28 Mei mendatang.

Sebagai informasi, tempat laga final ini adalah kandang dari klub raksasa Rusia, Zenit St Petersburg. Melihat tensi politik yang memanas antara Rusia dan Ukraina, penyelenggara Liga Champions dikabarkan akan mencari stadion baru.

Dalam beberapa waktu belakangan, presiden Vladimir Putin memang mendorong dengan beberapa ancaman agar Rusia melakukan invasi pada Ukraina.

Kabarnya, stadion kandang timnas Inggris, Wembley, akan menjadi venue pengganti, khususnya jika ada dua tim asal Inggris yang bisa masuk ke final.

Di sisi lain, Vladimir Putin, meminta pasukannya untuk segera masuk Ukraina dalam sebuah misi menjaga perdamaian. Hal ini terjadi usai sang presiden menyadari bahwa Ukraina merupakan sebuah tanah yang merdeka.

Adanya rencana pergerakan dari pasukan Rusia membuat ketakutan akan invasi yang bisa saja terjadi di ibu kota Ukraina, yaitu Kiev.

Meski demikian, UEFA mengaku akan terus memantau situasi terkini untuk mengatur rencana cadangan jika memang diperlukan nantinya.