Bola Internasional

Piala Dunia Qatar Terancam Gara-gara FIFA Lembek terhadap Rusia

Senin, 28 Februari 2022 15:02 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Getty Images
Kompetisi Piala Dunia 2022 di Qatar bakal terkena imbasnya setelah sejumlah federasi sepak bola Eropa menentang keputusan FIFA atas sanksi terhadap Rusia. Copyright: © Getty Images
Kompetisi Piala Dunia 2022 di Qatar bakal terkena imbasnya setelah sejumlah federasi sepak bola Eropa menentang keputusan FIFA atas sanksi terhadap Rusia.

INDOSPORT.COM – Kompetisi Piala Dunia 2022 di Qatar bakal terkena imbasnya setelah sejumlah federasi sepak bola Eropa menentang keputusan FIFA atas sanksi terhadap Rusia.

Dalam keputusan resmi Minggu (27/02/22), FIFA telah menjatuhkan tiga hukuman melalui Federasi Sepak Bola Rusia (RFU) menyusul invasi pemerintah negara tersebut ke Ukraina.

Pertama, Rusia dilarang menggelar pertandingan kandang resmi FIFA di wilayah sendiri. Kedua, timnas Beruang Merah harus menggunakan nama federasi. Terakhir, tidak ada bendera dan lagu kebangsaan.

Meski demikian, seperti dilansir dari The Sun, keputusan FIFA terhadap Rusia dinilai masih kurang tegas. Hal ini membuat sebagian federasi sepak bola di Eropa kecewa.

Rusia dalam waktu dekat dijadwalkan akan menjadi tuan rumah Playoff Piala Dunia 2022 yang melibatkan Rusia, Polandia, Swedia, dan Republik Ceko.

Polandia misalnya, mereka menegaskan menolak menghadapi Rusia di semifinal kualifikasi Piala Dunia 2022, yang dijadwalkan pada 24 Maret mendatang.

Pemenang laga itu nantinya akan menjamu Swedia atau Republik Ceko pada 29 Maret 2022, untuk memutuskan siapa yang bakal melaju ke Piala Dunia 2022 .

Namun pihak Polandia sudah membuat penegasan untuk tidak melakoni laga melawan Rusia. Sikap yang sama juga disampaikan Swedia dan Rep Ceko.

“Keputusan FIFA hari ini benar-benar tidak dapat diterima. Kami tidak tertarik untuk berpartisipasi dalam permainan penampilan ini,” kata Presiden FA Polandia Cezary Kulesza menanggapi keputusan FIFA.

“Sikap kami tetap sama: Tim Nasional Polandia tidak akan bermain dengan Rusia, apa pun nama tim tersebut.”