Bola Internasional

Kirim Bencana ke Sepak Bola Rusia, Apa Sih Klub Favorit Vladimir Putin?

Selasa, 1 Maret 2022 21:17 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor:
© Getty Images
Kirim Bencana ke Sepak Bola Rusia, Apa Sih Klub Favorit Vladimir Putin? Copyright: © Getty Images
Kirim Bencana ke Sepak Bola Rusia, Apa Sih Klub Favorit Vladimir Putin?

INDOSPORT.COM - Vladimir Putin menjadi sosok yang paling bertanggung jawab karena sepak bola Rusia kini tengah menjalani sanksi berat dari FIFA dan UEFA.

Sanksi itu diberikan lantaran Vladimir Putin yang merupakan presiden Rusia telah memerintahkan pasukan militer untuk melakukan invasi ke Ukraina.

Alhasil FIFA dan UEFA resmi melarang tim nasional dan klub Rusia tampil di segala ajang. Timnas Rusia tidak bisa berpartisipasi di Piala Dunia 2022 di Qatar.

Kemudian bagi klub-klub Rusia, hukuman dari UEFA membuat mereka tak bisa tampil di kancah Liga Primer Rusia (RPL), Liga Champions, Liga Europa, dan Conference League.

Padahal, wakilnya seperti Spartak Moskow telah lolos ke babal 16 besar Liga Europa. Tidak berhenti di situ, UEFA juga mengambil langkah tegas dengan memutus kerjasamanya dengan sponsor mereka, Gazprom.

Gazprom sendiri merupakan sebuah perusahaan gas asal Rusia dan juga salah satu sponsor utama UEFA. Keputusan ini pun membuat nama Gazprom tak akan ada lagi di kompetisi naungan UEFA.