Liga Indonesia

Resmi! PT LIB Pastikan Seri 5 Liga 1 Tetap di Bali, Ini Alasannya

Rabu, 2 Maret 2022 12:35 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Yosef Bayu Anangga
© Nofik Lukman Hakim/Indosport.com
PT Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan seri 5 Liga 1 2021/2022 tetap berlangsung di Bali seiring kasus Covid-19 yang sempat menghantam klub-klub Liga 1 mulai bisa diatasi. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com Copyright: © Nofik Lukman Hakim/Indosport.com
PT Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan seri 5 Liga 1 2021/2022 tetap berlangsung di Bali seiring kasus Covid-19 yang sempat menghantam klub-klub Liga 1 mulai bisa diatasi. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

INDOSPORT.COM - PT Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan seri 5 Liga 1 2021/2022 tetap berlangsung di Bali seiring kasus Covid-19 yang sempat menghantam klub-klub Liga 1 mulai bisa diatasi.

Seri 4 menjadi masa tersulit dalam pelaksanaan Liga 1. Beberapa klub sempat kekurangan pemain karena dihantam kasus Covid-19. Gara-gara itu, tiga pertandingan harus ditunda.

Pertandingan itu yakni PSM Makassar lawan Persib Bandung, Madura United lawan Persipura Jayapura dan Persija Jakarta lawan Madura United.

Beberapa klub juga sempat bertanding dengan kondisi tim compang-camping. Para pelatih pun harus melakukan pergeseran posisi pemain, menyesuaikan stok skuat yang ada.

Kini, PT LIB memastikan situasi klub-klub Liga 1 sudah membaik. Persipura yang sempat dihantam badai Covid-19 sudah mulai pulih. Bahkan, ada beberapa klub yang mencatatkan nol kasus Covid-19.

"Dalam catatan saya ada enam sampai tujuh tim yang sudah zero kasus Covid,” kata Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Selasa (1/3/22) malam.

“Terakhir saya crosscheck ke Persipura, manajernya bilang sudah berjalan bagus.” “Penanganannya bagus, recovery tiga sampai lima hari, hasil tesnya sudah negatif,"

"Saya mengevaluasi semua tim dalam kondisi siap, baik itu pemain atau ofisial. Ini jadi modal bagus menuju seri lima. Ini kita harapkan bisa dipertahankan sampai akhir kompetisi. Kami tidak ingin ada kenaikan lagi," lanjut Sudjarno.

Sudjarno menuturkan, penurunan angka Covid-19 di tim Liga 1 ini merupakan hasil kerja dari semua pihak, terutama klub. Dengan penanganan yang tepat, termasuk beberapa klub memberlakukan satu kamar untuk satu pemain, persebaran Covid-19 bisa diputus.

"Ketika beberapa pemain positif, kita berlakukan protokol kesehatan, dengan pengetatan-pengetatan, ternyata sangat efektif, termasuk yang dilakukan para klub. Akhirnya pada kondisi sekarang seluruh tim dalam kondisi siap," jelas Sudjarno.