In-depth

4 Alasan Persija Sudah Waktunya Lepas Marko Simic di Liga 1 Musim Depan

Selasa, 15 Maret 2022 11:22 WIB
Editor: Juni Adi
© persija
Marko Simic melakukan selebrasi melawan Persib Bandung Copyright: © persija
Marko Simic melakukan selebrasi melawan Persib Bandung

INDOSPORT.COM - Marko Simic mulai kehilangan tempat utama di lini depan Persija Jakarta. Pemain asal Kroasia itu sudah waktu untuk dilepas oleh Macan Kemayoran di Liga 1 musim depan.

Marko Simic mulai kehilangan satu tempat utama di lini depan Persija Jakarta dalam Liga 1 musim ini. 

Hal tersebut bisa dilihat dari jarangnya Marko Simic tampil dalam tiga pertandingan terakhir di Liga 1, melawan Bali United, Borneo FC, dan Tira Persikabo.

Keputusan tak memainkan Simic tentu merupakan sesuatu hal yang tidak biasa terjadi di Persija. Pasalnya, sejak ia bergabung tahun 2018 lalu, Simic selalu mendapat menit bermain baik sejak menit awal maupun jadi pemain pengganti.

Kalaupun Simic tidak dimainkan dalam suatu pertandingan Persija, biasanya ia hanya absen karena masalah cedera ataupun hukuman akumulasi kartu.

Sebab bomber berusia 34 tahun itu sudah menjadi andalan Persija dalam urusan mencetak gol. Beberapa gelar bergengsi yang diraih Persija seperti Liga 1 ataupun Piala Menpora, juga karena andil performa Simic.

Marko Simic juga masih tercatat sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang era Liga 1 dengan koleksi 61 gol. 

Pemain asal Kroasia itu diikuti oleh striker Madura United, Beto Goncalves, yang sudah mencetak 60 gol, serta bomber Bali United yang tengah moncer musim ini, Ilija Spasojevic, dengan 59 gol.

Namun hal tersebut berubah seiring kompetisi musim 2021-2022 berjalan. Keran gol Simic mulai mampet, sehingga pelatih interim Persija, Sudirman, memilih memarkirnya.

"Kami sebelum menurunkan pemain kami membahas teknisnya, semua yang ada di lapangan, latihan, dan melihat non teknis-nya kenapa-kenapa," kata Sudirman dalam konferensi pers.

"Sehingga pemain yang diturunkan adalah pemain yang terbaik pada saat itu," terang mantan bek Timnas Indonesia tersebut.

Keputusan pelatih Persija, Sudirman, yang mulai tidak memainkan Marko Simic menjadi sinyal bagi Macan Kemayoran sudah siap untuk ditinggal penyerang dengan tinggi 1,87 meter ini.

Alasan-alasan ini bisa memperkuat keputusan Persija yang tak perlu takut ditinggal Marko Simic di Liga 1 musim depan.