Bola Internasional

Ngaku Merinding Dengarkan Indonesia Raya, Sandy Walsh Makin Gatal Bela Timnas Indonesia

Selasa, 15 Maret 2022 18:21 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sandy Walsh terkesan dengan keindahan lagu Indonesia Raya yang ia akui membuatnya merinding dan kian gatal untuk bela timnas Indonesia. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sandy Walsh terkesan dengan keindahan lagu Indonesia Raya yang ia akui membuatnya merinding dan kian gatal untuk bela timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Sandy Walsh punya segudang alasan kenapa dirinya ingin membela timnas Indonesia namun salah satunya adalah untuk merasakan getaran kala menyanyikan lagu kebangsaan.

Belgia boleh jadi tanah kelahiran bagi Walsh dan dalam nadinya mengalir darah Belanda dan Irlandia namun bulu romanya hanya berdiri kala mendengarkan lagu Indonesia Raya.

Walsh sudah mengenal lagu gubahan Wage Rudolf Supratman tersebut sejak lama karena kakek dan neneknya berasal dari Indonesia.

Bahkan kini ia sudah hafal dan mencoba untuk lebih melancarkan menyanyikan lagu tersebut sebelum proses naturalisasinya benar-benar komplet.

Bukan hal yang aneh memang karena Walsh yang saat ini berusia 27 tahun sudah punya niatan untuk berbaju timnas Indonesia setidaknya sejak setengah dekade terakhir.

Ia pun mengaku jika sejumlah tradisi Indonesia masih dipraktekkan oleh keluarga dan Walsh sendiri sehingga ia merasa dekat dengan negara akarnya tersebut.

Jadi ketika ia menonton pertandingan timnas Indonesia, Walsh merasakan koneksi yang begitu dekat. Mendengarkan lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan pemain dan fansnya pun sampai membuatnya merinding.

"Mendengar dan menyaksikan suporter timnas Indonesia menyanyikan lagu kebangsaan setiap sebelum bertanding membuat saya merinding," beber Walsh dalam wawancaranya bersama KBRI Brussel di Belgia.

"Bayangngkan saja bagaimana rasanya nanti bisa ikut menyanyikan sebagai pemain di lapangan. Pasti sangat luar biasa,"

"Saya sudah coba menghafalkan dan menyanyikan Indonesia Raya dengan nada yang benar. Benar-benar lagu yang indah. Liriknya saya pelajari dari Youtube. Semoga saja sudah benar-benar bisa saat naturalisasi saya selesai," tambah penggawa KV Mechelen tersebut.