In-depth

Sejarah Toulon Tournament, Ronaldo Pernah Bawa Portugal Juara hingga Egy Sempat Raih Penghargaan

Sabtu, 16 April 2022 15:27 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Sejarah Toulon Turnament, Cristiano Ronaldo Pernah Bawa Portugal Juara hingga Egy Sempat Raih Penghargaan. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Sejarah Toulon Turnament, Cristiano Ronaldo Pernah Bawa Portugal Juara hingga Egy Sempat Raih Penghargaan.

INDOSPORT.COM - Berikut sejarah singkat Toulon Tournament, di mana Cristiano Ronaldo pernah membawa Portugal juara dan Egy Maulana Vikri sempat sabet penghargaan individu.

Seperti diketahui, Toulon Tournament merupakan turnamen paling bergengsi kelompok usia di bawah 21 tahun yang sudah melahirkan beberapa pemain-pemain top pada masanya.

Turnamen ini pertama kali digelar pada 1967, dan baru rutin digelar tiap tahun, sejak 1974 silam. Nama Toulon, diambil karena menjadi kota ajang ini digelar yakni berada di Prancis Selatan atau tepi Laut Mediterania.

Ada beberapa nama pemain bintang elite dunia yang pernah merasakan kompetisi di Toulon Tournament sebelum terkenal pada masanya.

Mereka yaitu Zinedine Zidane (1991), David Beckham (1996), Thierry Henry (1997), Cristiano Ronaldo (2003), Frank Lampard, ( 1998) dan masih banyak yang lain.

Sementara itu, Timnas Indonesia juga pernah bermain di ajang ini yakni pada 2017 lalu saat diarsiteki oleh Indra Sjafri dan diperkuat Egy Maulana Vikri.

Kemudian pada tahun 2022 ini, Timnas Indonesia mendapatkan undangan untuk terbang ke Prancis. PSSI bakal mengirim skuat U-19 dengan dikomandoi oleh Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia dihadapkan dengan tantangan yang tidak mudah di Toulon Tournament 2022. Hal itu lantaran mereka tergabung di Grup B bersama Meksiko, Venezuela dan tim raksasa Afrika yaitu Ghana.