Liga Indonesia

1 Masalah yang Jadi Perhatian Serius Shin Tae-yong di Timnas U-23, Apa Itu?

Minggu, 17 April 2022 11:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Copyright: © PSSI
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

INDOSPORT.COM - Pelatih timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, membeberkan satu hal penting yang menjadi perhatian pelatih timnas U-23, Shin Tae-yong, masalah transisi permainan. 

Sebelum timnas U-23 berangkat ke Korea Selatan untuk pemusatan latihan, Bima Sakti sempat diserahi tugas melatih pemain selama beberapa hari di Jakarta. Dia berkoordinasi dengan Shin Tae-yong soal fokus dan menunya. 

"Saya selalu berkoordinasi coach Nova (Arianto) dan coach Shin soal materi latihan apa saja," kata Bima Sakti kepada awak media, Sabtu (15/4/22). 

"Progres mereka juga bagus, semoga lebih baik lagi karena bak dapat latihan dengan intensitas lebih tinggi di Korea Selatan," cetusnya.

"Yang selalu ditekankan coach Shin Tae-yong adalah masalah transisi, baik positif maupun negatif. Itulah yang selalu ditekankan," imbuh eks pelatih Persiba Balikpapan tersebut.

Bima Sakti menjelaskan, pemain timnas Indonesia U-23 dalam kondisi cukup baik saat berangkat ke Korea Selatan. Hanya ada dua nama yang telat bergabung, yakni Irfan Jaya dan Ricky Kambuaya. 

"Selama di Jakarta, sore di lapangan dan malam latihan gym. Secara fisik mereka amat siap, tak ada yang cedera. Hanya Irfan Jaya yang cedera lama, tapi sudah pulih," jelasnya.

"Dari sisi mental mereka siap semua, tapi harus lebih disiapkan karena latihan di Korea Selatan berbeda dari cuaca dan intensitas dan nanti ada beberapa uji coba," tutur Bima Sakti. 

Timnas Indonesia U-23 kini sudah tiba di Korea Selatan, bahkan sudah menjalani latihan perdana di Haemaji Footbal Field, Yeongdeok-gun. Ada 32 pemain yang akan disiapkan untuk berangkat ke SEA Games 2021.