In-depth

Fakta Unik Pelatih Persija, Thomas Doll: Pernah Buat Ralf Rangnick dan Jurgen Klopp Bertekuk Lutut

Minggu, 24 April 2022 15:50 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© persija.id
Klub Liga 1, Persija Jakarta, resmi mendatangkan Thomas Doll yang pernah punya ‘cerita’ dengan Ralf Rangnick dan Jurgen Klopp. Copyright: © persija.id
Klub Liga 1, Persija Jakarta, resmi mendatangkan Thomas Doll yang pernah punya ‘cerita’ dengan Ralf Rangnick dan Jurgen Klopp.

INDOSPORT.COM - Klub Liga 1, Persija Jakarta, resmi mendatangkan pelatih anyar, Thomas Doll, yang pernah punya ‘cerita’ dengan Ralf Rangnick dan Jurgen Klopp.

Ya, sebagai pelatih yang sudah lama malang melintang di dunia sepak bola, Thomas Doll pastinya telah berjumpa banyak sosok penting dalam kariernya.

Apalagi, ia adalah juru taktik yang pernah berkecimpung sebagai pemain aktif. Sederet klub Eropa pun pernah dibelanya, seperti Lazio, Eintracht Frankfurt, dan Hamburger SV.

Ketika terjun ke dunia kepelatihan, pengalamannya juga otomatis bertambah, termasuk menukangi salah satu raksasa Bundesliga Jerman saat ini, Borussia Dortmund.

Meski begitu, ada beberapa momen penting dalam kariernya yang mungkin cukup menarik untuk dibahas, salah satunya pernah menaklukkan dua pelatih papan atas Eropa saat ini, Ralf Rangnick dan Jurgen Klopp.

Seperti diketahui, Ralf Rangnick dan Jurgen Klopp dipandang sebagai dua figur hebat yang menangani klub raksasa Liga Inggris, Manchester United dan Liverpool.

Bahkan, keduanya sudah bersaing musim ini sebelum nanti Manchester United sah dipegang Erik ten Hag pada 2022-2023.

Namun di balik nama besar itu, mereka ternyata pernah takluk di tangan Thomas Doll setidaknya sekali seumur hidup.

Pertemuan Thomas Doll dengan Ralf Rangnick dan Jurgen Klopp sendiri, bisa terwujud lantaran sang juru taktik Persija punya catatan kepelatihan yang cukup panjang dan beragam dalam CV-nya.

Mulai dari klub Jerman, Cyprus, Hungaria, bahkan Arab, pernah dibesutnya sebelum mendarat di Liga 1 Indonesia.