In-depth

Miljan Radovic, Si Profesor Persib yang Gemilang Latih Klub Eropa dan Bisa Dilirik Tim Liga 1

Senin, 25 April 2022 14:05 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© instagram.com/miljan585radovic/
Rekam jejak serta perjalanan karier impresif Miljan Radovic, sang profesor Persib Bandung yang gemilang latih klub Eropa dan mungkin bisa dilirik tim Liga 1. Copyright: © instagram.com/miljan585radovic/
Rekam jejak serta perjalanan karier impresif Miljan Radovic, sang profesor Persib Bandung yang gemilang latih klub Eropa dan mungkin bisa dilirik tim Liga 1.

INDOSPORT.COM – Melihat rekam jejak serta perjalanan karier impresif Miljan Radovic, sang profesor Persib Bandung yang gemilang latih klub Eropa dan mungkin bisa dilirik tim Liga 1.

Nama Miljan Radovic sempat jadi perbincangan para pecinta sepak bola Tanah Air terutama buat fans Persib Bandung yang pernah rasakan service luar biaranya di ajang Liga Indonesia.

Saat masih aktif bermain, Miljan Radovic pernah bergabung dengan Persib pada tahun 2011 dan langsung menjelma sebagai jenderal lapangan tengah paling menonjol.

Bahkan berkat kemampuan membaca permain yang sangat cerdas, Miljan Radovic sampai dijuluki dengan sebutan The Professor.

Total dua tahun bersama Persib Bandung, Miljan Radovic berhasil tampil sebanyak 47 kali dan mencetak 17 gol.

Satu hal yang paling diingat dari Miljan Radovic adalah eksekusi tendangan bebas yang sangat kuat dan tak jarang membuat penjaga gawang lawan harus memungut bola dari jala sendiri.

Yang paling diingat adalah saat Indonesia Super League 2010/11 di Stadion Si Jalak Harupat. Saat itu, Radovic mencetak tiga gol sekaligus untuk Persib saat menang telak 5-2 atas Persiwa Wamena.

Hebatnya, dua dari tiga gol Radovic ke gawang Persiwa terjadi dari tendangan bebas yang sangat indah. Sementara satu gol lainnya diperoleh lewat sepakan dari luar kotak penalti lawan.

Sempat memperkuat Pelita Bandung Raya pada tahun 2012 hingga 2013, Miljan Radovic akhirnya resmi berpisah dengan Liga Indonesia dan pulang ke kampung halamannya untuk menggeluti dunia kepelatihan.

Pada tahun 2014, Miljan Radovic mendapat tugas melatih pertamanya dengan menjabat sebagai asisten di klub OFK Grbalj, salah tim yang mentas di Montenegrin First League atau kasta teratas Liga Montenegro.