In-depth

Jairo Matos, Pardedetex, dan Cerita Pemain Asing Pertama di Liga Indonesia

Rabu, 4 Mei 2022 16:40 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Dok. Pribadi
Di sejarah Liga Indonesia, Jairo Matos akan selalu tercatat sebagai pemain asing pertama yang dahulu memperkuat Pardedetex. Copyright: © Dok. Pribadi
Di sejarah Liga Indonesia, Jairo Matos akan selalu tercatat sebagai pemain asing pertama yang dahulu memperkuat Pardedetex.

INDOSPORT.COM - Di sejarah Liga Indonesia, Jairo Matos akan selalu tercatat sebagai pemain asing pertama yang dahulu memperkuat Pardedetex.

Kota Medan masih menjadi tempat yang spesial bagi seorang Jairo Matos. Sepotong kisah hidupnya melekat di sana dan masih terus dikenangnya.

Ada perjalanan yang mesti dilalui oleh pria kelahiran Brasil 65 tahun lalu untuk bisa sampai menjejakkan kaki di Indonesia. Sepak bola menjadi pintu yang mempertemukan Jairo pada negeri ini.  

Sejumlah kerinduan selalu membawa Jairo memboyong keluarganya kembali ke Indonesia, tempat yang justru sama sekali bukan negara asalnya.

Meski demikian Jairo kerap menolak jika dikatakan bahwa dirinya meninggalkan negara kelahirannya untuk bermain sepak bola ke luar negeri.

“Banyak orang belum tahu, saya bukan memilih pergi dari Brasil, tapi menerima suatu undangan dari Jepang,” kenangnya dulu dalam perbincangannya dengan redaksi berita olahraga INDOSPORT.

Tahun 1974, klub Jepang Yomiuri FC, yang kini bernama Tokyo Verdy, memang mengirimkan pihaknya ke Brasil untuk merekrut bakat-bakat muda.

Di antara para pemain muda yang direkrut kala itu adalah Jairo yang akhirnya mencari peruntungan di klub Liga Jepang Tokyo Verdy selama 9 tahun.

Merumput di kompetisi sepak bola Negeri Sakura, Jairo justru sedikit terganggu dengan suhu dari negara tersebut.

“Saya agak kedinginan di Jepang,” katanya. Hal ini rupanya menjadi salah satu pertimbangannya untuk menerima pinangan seorang asal Belanda yang menawarkan Jairo untuk bermain di Indonesia.