In-depth

Mengenal Todd Boehly, Pimpinan Konsorsium yang Resmi Jadi Pemilik Baru Chelsea

Sabtu, 7 Mei 2022 12:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Manu Fernandez - Pool/Getty Images
Mengenal Todd Boehly, pengusaha asal Amerika Serikat sekaligus pimpinan konsorsium yang kini jadi pemilik baru Chelsea. Copyright: © Manu Fernandez - Pool/Getty Images
Mengenal Todd Boehly, pengusaha asal Amerika Serikat sekaligus pimpinan konsorsium yang kini jadi pemilik baru Chelsea.

INDOSPORT.COM – Mengenal Todd Boehly, pengusaha asal Amerika Serikat sekaligus pimpinan konsorsium yang kini jadi pemilik baru Chelsea.

Beberapa waktu ke belakang, nama Todd Boehly menjadi perbincangan seiring pengumuman Chelsea bahwa konsorsium yang dipimpinnya menjadi pemilik baru pengganti Roman Abramovich.

Dalam rilis resmi klub, baik di laman resmi hingga media sosialnya, Chelsea mengumumkan bahwa konsorsium Todd Boehly telah menandatangani kesepakatan sebagai pemilik baru.

“Chelsea Football Club dapat mengonfirmasi bahwa persyaratan telah disetujui untuk grup kepemilikan baru, yang dipimpin oleh Todd Boehly, Clearlake Capital, Mark Walter dan Hansjoerg Wyss, untuk mengakuisisi klub,” bunyi rilis resmi Chelsea.

Dari total investasi yang diajukan konsorsium Todd Boehly, total 2,5 miliar poundsterling akan digunakan untuk membeli saham klub dan hasil tersebut akan disimpan ke rekening bank Inggris yang dibekukan.

Dana tersebut akan disumbangkan untuk tujuan amal sebagaimana yang dikonfirmasi oleh pemilik sebelumnya, Roman Abramovich.

Selain itu, konsorsium Todd Boehly akan memberikan 1,75 miliar poundsterling dalam investasi untuk kepentingan klub seperti investasi di Stamford Bridge, akademi, tim wanita dan Kingsmeadow serta melanjutkan pendanaan untuk Chelsea Foundation.

Sedangkan untuk proses penjualan Chelsea sendiri diharapkan akan rampung pada akhir Mei ini, sesuai aturan yang berlaku di Liga Inggris dan pemerintah Inggris.

Lalu, siapakah sosok Todd Boehly tersebut? Bagaimana rekam jejaknya hingga akan jadi cpemilik baru Chelsea pengganti Roman Abramovich?