Liga Champions

Hadapi Liverpool, Real Madrid 'Gemetar' Mengingat Tragedi Kelam 1981 di Prancis

Sabtu, 28 Mei 2022 23:29 WIB
Penulis: Agung Wicaksono | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© INDOSPORT
Liverpool berniat 'ulangi' sejarah juara Europan Cup (Liga Champions) pada tahun 1981 di Prancis. Copyright: © INDOSPORT
Liverpool berniat 'ulangi' sejarah juara Europan Cup (Liga Champions) pada tahun 1981 di Prancis.

INDOSPORT.COM - Laga final Liga Champions musim ini akan mempertemukan Liverpool kontra Real Madrid yang akan berlangsung di kandang timnasional Prancis, Stade de France.

Namun ada satu hal berbeda pada pertemuan kedua tim di partai puncak Liga Champions musim 2021-2022 dini hari nanti. Sebab, pertandingan ini sarat dengan sejarah kedua tim.

Sebab, laga ini merupakan ulangan pertandingan final Liga Champions pada tahun 1981 atau lebih dari 41 tahun silam. Kedua pertandingan ini sama-sama berlangsung di Prancis.

Ketika itu, kompetisi antar klub di Eropa ini masih menggunakan format lama dan bernama Europan Cup yang saat ini dikenal luas sebagai UEFA Champions League.

Melihat ke belakang, saat itu keduanya memang pantas melaju hingga babak puncak. Pasalnya, Liverpool dan Madrid sama-sama berhasil mengkandasakan beberapa tim kuat.

Manajer The Kopites, Bob Paisley saat itu berhasil mengatasi perlawan tim kuat asal Jerman, Bayern Munchen. Hingga mengkandaskan pasukan Sir Alex Ferguson, Aberdeen.

Sementara di kubu Los Blancos, mereka juga dengan mudah menuju ke babak final usai menang melawan Spartak Moscow dan Inter Milan di babak semifinal.

Pencapaian Liverpool pada saat itu merupakan capaian ketiga klub setelah mereka sukses memenangkan Europan Cup edisi 1977 dan 1978 silam.

Berbanding terbalik dengan Real Madrid, final musim 1981 itu merupakan pertandingan puncak kesembilan El Real di kancah sepak bola Eropa.

Kendati demikian, Liverpool berhasil keluar sebagai juara melalui gol semata wayang Alan Kennedy pada menit ke-81. Skor ini berakhir hingga peluat panjang wasit asal Hungaria.