Liga Champions

Jadi Bintang Final Liga Champions, Kiper Real Madrid Ingin Buat Media Inggris Malu Setengah Mati

Minggu, 29 Mei 2022 20:25 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
© REUTERS/Susana Vera
Thibaut Courtois tidak ingin lagi kemampuanya diragukan media usai antar Real Madrid juarai Liga Champions 2021/2022 berkat penampilan gemilang di bawah mistar. FOTO: REUTERS/Susana Vera Copyright: © REUTERS/Susana Vera
Thibaut Courtois tidak ingin lagi kemampuanya diragukan media usai antar Real Madrid juarai Liga Champions 2021/2022 berkat penampilan gemilang di bawah mistar. FOTO: REUTERS/Susana Vera

INDOSPORT.COM - Thibaut Courtois menjadi protagonis kemenangan 1-0 Real Madrid atas Liverpool pada final Liga Champions 2022 yang digelar pada Minggu (29/05/22) dini hari WIB.

Kiper berpaspor Belgia tersebut sukses menjaga kesucian gawang Los Blancos dari serangan bertubi-tubi The Reds sepanjang 90 menit dan itu bukan perkara mudah.

Selama 90 menit, Liverpool mampu melepas 24 tembakan dengan sembilan diantaranya tepat sasaran namun dapat dimentahkan Courtois.

Sejak 2003/2004, belum pernah ada penjaga gawang yang bisa membuat menyelamatan sebanyak itu di partai puncak Liga Champions.

Rekor sebelumnya adalah delapan save yang sama-sama dipegang oleh Edwin van der Sar (2011) dan Alisson Becker (2019) namun kini Thibaut Courtois adalah raja baru di bawah mistar gawang.

Catatan apik Courtois menjadi semakin manis mengingat ini adalah trofi Liga Champions perdana sepanjang karier stopper 30 tahun itu.

Kini ia sudah bisa disandingkan dengan nama-nama kiper top dunia lainnya. Sejak dahulu bahkan kala masih membela Chelsea, skill Courtois memang sudah diakui namun media kerap kali mengkerdilkan kontribusinya dan ini adalah momen 'balas dendam' yang pas.

“Saya membutuhkan kemenangan di final demi karier saya, agar orang-orang menhgormati nama saya," beber Thibaut Courtois pada BT Sport pasca laga di Stade de France.

“Saya sangat senang dan bangga atas performa dari tim ini. Kami berhasil mengalahkan beberapa tim terbaik di dunia,"

“(Manchester) City dan Liverpool sangat luar biasa musim ini, Liverpool telah memainkan pertandingan yang hebat, namun kami punya satu peluang dan bisa memaksimalkannya,” tambah eks Genk dan Atletico Madrid tersebut.