Bola Internasional

Jadi Pahlawan Kemenangan Timnas Atas Kuwait, Begini Reaksi Gelandang Persib

Kamis, 9 Juni 2022 14:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI
Gelandang timnas Indonesia, Rachmat Irianto. Copyright: © PSSI
Gelandang timnas Indonesia, Rachmat Irianto.

INDOSPORT.COM - Gelandang timnas Indonesia, Rachmat Irianto, menjadi pahlawan kemenangan atas Kuwait dalam laga perdana Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, Rabu (8/6/22). Dia menyumbang gol penentu. 

Rian, sapaan akrabnya, tampil selama 90 menit dan bermain sebagai wing back kanan. Dia berperan besar terhadap gol pertama Indonesia, di mana pemain Persib Bandung itu dilanggar di kotak terlarang sehingga timnas Indonesia dihadiahi penalti. 

Kemudian, Rian juga mencetak gol kedua timnas Indonesia pada awal babak kedua. Gol itu membuat pasukan Shin Tae-yong memimpin 2-1 dan bertahan hingga peluit panjang. 

Meski demikian, Rian mengatakan laga tidak berjalan mudah. Cuaca di Kuwait sangat panas dan hal itu mempengaruhi penampilan mereka. 

Beruntung, para pemain timnas Indonesia tetap fokus sepanjang laga dan bisa menjalankan instruksi Shin Tae-yong dengan baik. 

"Sangat sulit bermain dalam kondisi cuaca panas. Kami sempat kesulitan di babak pertama," kata Rachmat Irianto selepas pertandingan.  

"Lalu babak kedua kami mengikuti arahan pelatih, bahwa kami harus kerja keras dan punya motivasi buat menang dan akhirnya kami bisa menang 2-1 dan alhamdulillah sangat bersyukur," cetusnya.

Raihan tiga poin membuat Rian dan timnas Indonesia semakin percaya diri. Peluang untuk lolos babak utama Piala Asia 2023 terbuka lebar. 

"Pertandingan yang luar biasa, kami tertinggal terlebih dahulu namun kami mampu membalikkan keadaan dan meraih kemenangan," tutur Rian. 

"Torehan tiga poin ini membuat kami percaya diri menatap dua laga selanjutnya. Kami ingin lolos ke putaran final Piala Asia 2023," tandasnya.