In-depth

Wow! Jurgen Klopp Ternyata Sudah Habiskan Rp4,1 Triliun untuk Lini Serang Liverpool

Kamis, 16 Juni 2022 20:13 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Shaun Botterill/Getty Images
Tidak terasa, sudah bertahun-tahun lamanya Jurgen Klopp menangani klub Liga Inggris, Liverpool. Foto: Shaun Botterill/Getty Images. Copyright: © Shaun Botterill/Getty Images
Tidak terasa, sudah bertahun-tahun lamanya Jurgen Klopp menangani klub Liga Inggris, Liverpool. Foto: Shaun Botterill/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Tidak terasa, sudah bertahun-tahun lamanya Jurgen Klopp menangani klub Liga Inggris, Liverpool.

Sejak datang dari Borussia Dortmund pada 2015 lalu, ia telah mengubah Liverpool jadi tim hebat yang berhasil menggondol banyak gelar.

Bagaimana tidak? Pelatih asal Jerman ini telah membawa timnya juara Liga Inggris, Liga Champions, Piala FA, Piala Liga (Carabao Cup), Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

Musim lalu, mereka bahkan menempuh perjalanan menuju quadruple yang sayangnya berakhir hanya dengan dua gelar saja.

Meski membawa pulang trofi ‘Mickey Mouse’ yang sering dianggap receh oleh sebagian publik Liga Inggris, Jurgen Klopp nampak tidak peduli.

Begitu pula para pemainnya dan juga suporter setia The Reds. Pawai besar-besaran pun digelar dan disambut hangat oleh warga kota yang rela berkerumun demi mengapresiasi tim kesayangan mereka.

Tentu saja, segala kesuksesan ini tidak terjadi dalam semalam. Butuh waktu, tenaga, dan pastinya modal untuk mewujudkan itu semua.

Dan Jurgen Klopp beruntung, mengingat pemilik Liverpool dan para petinggi lainnya bersedia sabar menunggu apa yang ditanamnya berbuah hasil.

Liverpool sendiri termasuk klub yang sangat sabar, karena tidak cepat-cepat mengganti Jurgen Klopp ketika tim masih belum sekuat sekarang.

Sejak 2015, Jurgen Klopp telah melakukan banyak hal untuk menciptakan tim hebat bermental juara, dan tentunya penantang yang mengerikan baik di Inggris maupun Eropa.