In-depth

3 Orbitan yang Memanjat ke Serie A dari Klub Papan Bawah, Bagaimana Nasibnya Kini?

Minggu, 26 Juni 2022 11:59 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Alessandro Sabattini/Getty Images
Sandro Tonali diboyong dari AC Milan dari klub berbeda kasta, Brescia. Foto: Alessandro Sabattini/Getty Images. Copyright: © Alessandro Sabattini/Getty Images
Sandro Tonali diboyong dari AC Milan dari klub berbeda kasta, Brescia. Foto: Alessandro Sabattini/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Berkompetisi di kompetisi Serie A tentu menjadi impian para pemain yang merumput di Liga Italia.

Sampai detik ini, Juventus adalah klub tersukses yang telah menggondol 36 scudetto, yang mana membentang dari tahun 1905 sampai 2020.

Bahkan, sejak terperosoknya kejayaan AC Milan pada 2011 silam, Juventus berhasil mengambil alih takhta raja Italia untuk sementara waktu.

Tidak tanggung-tanggung, mereka sempat memborong scudetto selama sembilan musim beruntun sebelum dijegal Inter Milan pada 2020-2021.

Selain itu, dalam perjalanannya, Serie A juga telah menelurkan banyak pemain muda serta veteran yang hebat sepanjang sejarah.

Sebut saja Gianluigi Buffon yang mencatatkan penampilan terbanyak di level Serie A dengan posisinya sebagai kiper.

Di bawahnya, ada pula nama-nama macam Paolo Maldini, Javier Zanetti, Francesco Totti, Pietro Vierchowod, dan masih banyak lagi.

Sederet top goalscorer pun juga lahir dari kompetisi ini, termasuk Giuseppe Meazza, Silvio Piola, Jose Altafini, Antonio Di Natale, dan Francesco Totti.

Namun bicara soal klub dengan raihan gelar terbanyak serta rekor para goalscorer yang tampil tajam di depan gawang nampaknya sudah biasa.

Bagaimana dengan para pemain yang baru saja ‘nyemplung’ di Serie A setelah menjalani masa-masa berkarier di klub-klub papan bawah Liga Italia?