In-depth

Tersingkir Dramatis, Ini 3 Catatan Positif Timnas Indonesia Usai Gagal di Piala AFF U-19

Senin, 11 Juli 2022 09:34 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Melihat tiga catatan positif Timnas Indonesia U-19 meski tersingkir secara dramatis dan gagal lolos ke babak semifinal Piala AFF U-19 2022. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Melihat tiga catatan positif Timnas Indonesia U-19 meski tersingkir secara dramatis dan gagal lolos ke babak semifinal Piala AFF U-19 2022.

INDOSPORT.COM – Melihat tiga catatan positif Timnas Indonesia U-19 meski tersingkir secara dramatis dan gagal lolos ke babak semifinal Piala AFF U-19 2022.

Dalam pertandingan terakhir babak penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022, terdapat dua partai sengit sekaligus penentuan tim yang lolos ke semifinal yakni Vietnam vs Thailand dan Timnas Indonesia U-19 kontra Myanmar, Minggu (10/07/22).

Timnas Indonesia yang menghadapi Myanmar di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi tersebut berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor telak 5-1.

Gol yang diciptakan oleh pasukan Garuda Nusantara disumbangkan oleh Muhammad Ferrari di menit 18 dan 30, Arkhan Fikri di menit 25, Rabbani Tasnim di menit ke-33, dan Ronaldo Kwateh di menit 72.

Sedangkan satu-satunya gol yang diciptakan oleh Myanmar terjadi di babak pertama melalui kaki dari La Min Htwe di menit ke-7.

Catatan tersebut terbilang apik, pasalnya Thailand sendiri hanya mampu mencetak tiga gol ke gawang Myanmar dalam laga kedua Grup A Piala AFF U-19 2022.

Namun hasil tersebut tidak bisa membuat skuad Garuda lolos ke fase semifinal ajang tahunan. Hal tersebut karena di laga lain, Thailand dan Vietnam berakhir imbang, dengan skor 1-1.

Satu gol yang diciptakan oleh Thailand dicetak oleh Kroekphon Abram. Sedangkan Khuat Van Khang merupakan pemain yang menyumbangkan satu gol untuk Vietnam.

Dengan hasil imbang 1-1 tersebut, membuat Thailand dan Vietnam berhak lolos ke semifinal lantaran unggul head to head kontra Timnas Indonesia.

Sementara skuat Garuda Nusantara harus puas finish di peringkat ketiga, meski sama-sama memiliki poin 11 bahkan punya produktivitas gol lebih banyak dari Thailand atau Vietnam.

Meski tersingkir dari Piala AFF U-19 2022, namun perjuangan Timnas Indonesia U-19 tetap layak mendapat apresiasi.

Bahkan selama tampil di babak penyisihan grup, terdapat sejumlah catatan positif yang ditorehkan skuat arahan Shin Tae-yong tersebut. Lantas apa sajakah itu? Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas: