In-depth

4 Transfer Pemain Musim Panas Ini yang Negosiasinya Berlangsung Alot dan Penuh Drama

Kamis, 14 Juli 2022 14:41 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS/Vincent West
Aksi gelandang Barcelona, Frenkie de Jong di laga kontra Real Sociedad (21/04/22). (Foto: REUTERS/Vincent West) Copyright: © REUTERS/Vincent West
Aksi gelandang Barcelona, Frenkie de Jong di laga kontra Real Sociedad (21/04/22). (Foto: REUTERS/Vincent West)

INDOSPORT.COM - Proses kepindahan sejumlah pemain pada bursa transfer musim panas ini masih mandek, lantaran negosiasi yang berlangsung alot dan penuh darama.

Kompetisi sepak bola di negara-negara Eropa saat ini tengah mengalami masa jeda. Kendati demikian, aktivitas para klub tetap padat untuk mempersiapkan tim menyambut musim baru.

Salah satunya adalah melakukan evaluasi pemain. Biasanya para pemain yang kontribusinya kurang, akan didepak pada bursa transfer musim panas.

Sedangkan pemain yang menunjukan performa impresi musim lalu, seringnya akan dipertahankan oleh klub.

Nah untuk mencari pemain yang pergi, para klub pun bergerak untuk mencari pemain baru sesuai kebutuhan tim di lantai bursa transfer.

Bursa transfer sepak bola Eropa sendiri memang sudah dibuka sejak awal Juni hingga berakhir pada Agustus 2022 mendatang.

Sudah berjalan hampir satu bulan lebih, banyak klub yang sukses mendatangkan pemain barunya di bursa transfer musim panas ini. 

Namun tidak sedikit yang justru harus bersabar lantaran belum adanya kata sepakat dari kedua belah pihak.

Berikut beberapa pemain yang mengalami negosiasi alot dalam kepindahannya di bursa transfer musim panas ini.

1. Frenkie de Jong

Saat ini bursa transfer musim panas tengah dihangat oleh kabar kepindahan Frenkie De Jong dari Barcelona ke Manchester United.

Manchester United ngotot ingin membawa Frenkie De Jong ke Old Trafford, setelah pelatih baru mereka Erik ten Hag menginginkannya.

Maklum saja karena keduanya pernah bekerja sama di Ajax Amsterdam. Sayangnya meski Man United dilatih oleh mantan bosnya, ternyata tidak membuat Frenkie De Jong tergiur.

Buktinya ia menolak tawaran bergabung dengan klub lain. Dan tidak bersedia meninggalkan Barcelona.

Di sisi lain, Barcelona ingin menjualnya karena tidak sanggup membayar gajinya. Beda cerita jika De Jong bersedia dipotong gajinya.

Meski mendapat penolakan dari sang pemain, Manchester United tak mau menyerah untuk mendapatkan tanda tangannya.

Kabar terbaru menyebut bahwa dua petinggi Manchester United, John Murtough dan Richard Arnold terbang ke Barcelona. Mereka mencoba menuntaskan transfer sang gelandang.

Menurut laporan jurnalis bursa transfer, Fabrizio Romano, kedatangan dua pejabat Manchester United itu ternyata membuahkan hasil.

Laporan itu mengklaim bahwa Manchester United dan Barcelona sebenarnya sudah mencapai kata sepakat untuk transfer De Jong.

Mereka sepakat membayar total senilai 85 juta Euro. Angka ini terpecah menjadi dua bagian, yaitu uang pangkal 65 juta Euro dan adds on 20 juta Euro. Hingga saat ini masih belum ada kejelasan masa depan Frenkie De Jong.