Liga Inggris

Cuma Gara-gara Buku, Legenda Manchester United Ini Didepak Sir Alex Ferguson

Minggu, 17 Juli 2022 17:25 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Ash Donelon/Manchester United via Getty Images
Legenda klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, yakni Jaap Stam, mengungkap kisah tak biasa yang melibatkan Sir Alex Ferguson. Foto: Ash Donelon/Manchester United via Getty Images. Copyright: © Ash Donelon/Manchester United via Getty Images
Legenda klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, yakni Jaap Stam, mengungkap kisah tak biasa yang melibatkan Sir Alex Ferguson. Foto: Ash Donelon/Manchester United via Getty Images.

INDOSPORT.COM – Legenda klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, yakni Jaap Stam, mengungkap kisah tak biasa yang melibatkan Sir Alex Ferguson.

Hanya karena masalah buku, ia sampai didepak oleh ikon manajer legendaris Setan Merah tersebut.

Sir Alex Ferguson memang banyak menemukan pemain berbakat selama masih menjadi bos Manchester United. Meskipun demikian, tak sedikit juga para pemain berbakat yang diusirnya dari Old Trafford.

Seperti yang diketahui, Sir Alex Ferguson pertama kali menukangi Manchester United pada tahun 1986. Bahkan, saat itu kariernya tak baik-baik amat dan hampir dipecat oleh Setan Merah.

Hingga pada akhirnya, pada musim 1989/1990 sosok yang akrab dipanggil Fergie itu membungkam kritik yang ditujukan padanya dengan mempersembahkan gelar juara Liga Inggris pertamanya.

Sir Alex Ferguson juga terkenal telah mengorbitkan skuat pemain muda yang nantinya dikenal sebagai Class of ’92. Malah pelatih asal Skotlandia ini hanya mengandalkan pemain muda tersebut dalam perburuan gelar.

Keputusan eks pelatih Abeerden tersebut sempat disindir oleh beberapa orang. Ada yang mengatakan bahwa Ferguson terlalu naif dan tak mungkin dia memenangkan gelar juara yang hanya diisi oleh pemain muda.

Faktanya, Ferguson mampu melakukannya pada saat itu. Sekali lagi pelatih asal Skotlandia ini membungkam kritik yang ditujukan padanya.

Beberapa tahun setelahnya, Ferguson juga bahkan berhasil memenangkan treble pada tahun 1998/1999. Hal ini membuat sang pelatih diberi gelar “Sir” oleh Ratu Elizabeth karena torehan prestasinya tersebut.

Pada musim itu juga, Sir Alex Ferguson mendatangkan bek berbakat dari Belanda, Jaap Stam. Lantas bagaimana kelanjutan hubungan Fergie dan bek Belanda tersebut hingga akhirnya diusir dari Manchester United?