In-depth

Dulu Tersia-sia, Cinta Ignazio Abate dan AC Milan Akhirnya Indah pada Waktunya

Jumat, 29 Juli 2022 12:14 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© instagram/ignazioabate
Mantan pemain AC Milan, Ignazio Abate. Foto: instagram/ignazioabate. Copyright: © instagram/ignazioabate
Mantan pemain AC Milan, Ignazio Abate. Foto: instagram/ignazioabate.

INDOSPORT.COM - Mantan pemain AC Milan, Ignazio Abate, sudah memiliki nama yang menggema di kancah sepak bola Liga Italia.

Bagaimana tidak? Mulai dari kompetisi Serie A hingga Serie C sudah pernah dijamahnya selama berkarier sebagai pemain.

Meski begitu, AC Milan nampaknya masih jadi klub yang sangat ia sayang. Dua kali mantan bek kanan Timnas Italia itu berseragam Rossoneri pada periode 2003-2007 dan 2009-2019.

Namun jika melihat CV-nya setelah angkat kaki dari AC Milan pada 2007, hanya butuh waktu sebentar baginya untuk kembali ke pelukan sang mantan.

Hanya saja, selama membela raksasa Liga Italia tersebut, Ignazio Abate juga sempat hengkang sebagai pinjaman ke sejumlah klub. 

Tercatat selama 2004-2007, ia pernah singgah di Napoli, Piacenza, dan Modena sebelum memutuskan pergi secara permanan ke Empoli.

Musim-musimnya bersama klub-klub itu pun bisa dibilang tidak mudah. Usai terpuruk bersama Napoli di Serie C1,  ia terlempar ke Piacenza untuk bermain di Serie B.

Baru di masa peminjaman terakhirnya di Modena, Ignazio Abate mampu mencatatkan hasil yang lebih baik dengan tampil di 38 pertandingan tim asal Emilia-Romagna tersebut.

Pada 2007-2008, momen debut di Serie A pun menghampiri Ignazio Abate. Namun bukan di AC Milan, melainkan Empoli.

Akan tetapi, Empoli yang kemudian mengalami degradasi membuatnya kembali ke AC Milan, hanya untuk dilepas lagi ke klub lain. Kali ini Torino.