Bola Internasional

Profil Kaka, Sang Pencetak Gol Pertama untuk Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16

Senin, 1 Agustus 2022 10:06 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Penyerang Timnas Indonesia U-16, Arkhan Kaka Putra Purwanto. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Penyerang Timnas Indonesia U-16, Arkhan Kaka Putra Purwanto.

INDOSPORT.COM - Nama Arkhan Kaka Putra menjadi sorotan di laga perdana Piala AFF U-16 2022 bersama Timnas Indonesia U-16 karena menyumbang satu gol.

Timnas Indonesia U-16 sukses meraih kemenangan 2-0 atas Filipina di laga perdana Grup A Piala AFF U-16 2022, di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (31/07/22) malam WIB.

Di awal babak pertama, Timnas Indonesia U-16 langsung tampi menyerang. Beberapa peluang mampu mereka ciptakan ke gawang Filipina.

Laga baru berjalan tiga menit, ancaman Timnas Indonesia U-16 akhirnya membuahkan hasil. Lewat skema serangan balik, umpan sisi kanan pemain Indonesia salah diantisipasi lawan, yang berujung gol bunuh diri.

Skor 1-0. Setelah gol tersebut, Timnas Indonesia U-16 terus melancarkan serangan. Akan tetapi beberapa peluang belum bisa menambah keunggulan.

Memasuki menit ke-25, Timnas Indonesia U-16 terus melancarkan serangan ke pertahanan The Young Azkals -julukan Timnas Filipina U-16. 

Akan tetapi, beberapa tembakan yang dilesatkan Muhammad Nabil dkk gagal menemui jala gawang.

Sementara Filipina yang mengandalkan serangan balik, tak ada yang membuahkan hasil. Justru Timnas Indonesia U-16 lah yang bisa menambah gol pada menit ke-37.

Adalah Arkhan Kaka Putra (37’) yang berhasil menyontek bola masuk ke gawang Cesar Inigo, Timnas Indonesia U-16 unggul 2-0, dan bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua Piala AFF U-16 2022, Timnas Indonesia U-16 langsung melakukan tekanan kepada Filipina.

Hampir saja Filipina mampu memberikan serangan balik setelah pemain belakang Indonesia sedang dalam kondisi tidak fokus.

Andrika hampir saja memberikan gol hadiah kepada Filipina setelah umpan yang dilakukannya salah menemui sasaran.

Tim besutan Bima Sakti itu hampir saja menambah pundi-pundi gol andai sundulan dari Arkhan Kaka di menit ke-56 tak membentur mistar gawang.

Pertandingan sempat dihentikan sementara di menit ke-60 setelah pemain belakang Filipina mengalami cedera karena menghalau serangan dari skuad Bima Sakti.

Filipina akhirnya mengawali pergantian pemain dengan menarik keluar Lucas untuk digantikan Vergara.

Kini giliran Timnas Indonesia menarik keluar Nabil dan Arjuna untuk digantikan Narenda serta Ji Da-bin.

Sebagai pemain pengganti, Ji Da-bin yang memiliki keturunan pemain Korea Selatan nyaris menjadi super sub, tetapi tendangannya terbang begitu tinggi dari mistar.

Memasuki menit ke-72 ada satu pemain Filipina mulai kelelahan dan harus ditandu keluar lapangan setelah melalui pertandingan yang begitu intens di babak pertama tadi.

Setelah terus mencoba menyerang di tiga menit akhir, kedudukan 2-0 atas Filipina berhasil menyegel kemenangan  Timnas Indonesia U-16 di laga perdana Piala AFF U-16 2022.