Liga Indonesia

Banyak Keluhan Soal Wasit, Ketum PSSI Sebut Liga 1 Masih Aman-aman Saja

Selasa, 9 Agustus 2022 12:55 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan

INDOSPORT.COM - Liga 1 Indonesia 2022-2023 sudah bergulir tiga pekan. Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan, merasa sejauh ini kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia berjalan dengan lancar seusai rencana.

Meski demikian, Iwan Bule, sapaan akrab Iriawan, tak menampik adanya kekurangan yang masih saja terjadi di Liga 1 2022-2023, salah satunya terkait kepemimpinan wasit.

Menurut Iriawan, masih ada keputusan wasit yang dinilai kurang tepat. Hal itu sekaligus menjadi bahan evaluasi PSSI agar Liga 1 2022-2023 bisa berjalan dengan lancar.

Sebagai informasi, sejak pekan pertama hingga ketiga Liga 1 2022-2023, ada beberapa klub yang merasa dirugikan dengan keputusan korps baju hitam, di antaranya Persib Bandung.

Pelatih Robert Rene Alberts menyoroti kinerja wasit pada pertandingan pekan kedua kompetisi Liga 1 2022-2023 kontra Madura United. Beberapa kali sang pengadil dinilai mengambil keputusan yang kurang tepat.

Keputusan yang dinilai kurang tepat adalah wasit tak menganggap pemain lawan melakukan pelanggaran, padahal jika jeli seharusnya Persib mendapatkan dua kali penalti. 

Sedangkan Madura United seharusnya tidak mendapatkan penalti. Pasalnya, kiper Persib, Fitrul Dwi Rustapa, diklaim sudah terlebih dulu mendapat bola. 

Kemudian, pelatih Barito Putera, Dejan Antonic, menyoroti kinerja wasit yang memimpin pertandingan pekan ketiga Liga 1 2022-2023 kontra PSIS Semarang.

Pada laga tersebut Taisei Marukawa berhasil masuk ke pertahanan Barito, tapi entah mengapa terjatuh sendiri. Umumnya aksi ini disebut sebagai diving.