Liga Italia

Liga Italia: Di Ambang Sanksi FFP, Hukuman Ini yang Akan Menimpa Inter Milan dan AS Roma

Kamis, 25 Agustus 2022 16:45 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
© REUTERS/Alberto Lingria
AS Roma dan Inter Milan harus siap menjalani sanksi berlipat usai juga harus membayar denda mahal akibat pelanggaran regulasi Financial Fairplay (FFP). REUTERS/Alberto Lingria Copyright: © REUTERS/Alberto Lingria
AS Roma dan Inter Milan harus siap menjalani sanksi berlipat usai juga harus membayar denda mahal akibat pelanggaran regulasi Financial Fairplay (FFP). REUTERS/Alberto Lingria

INDOSPORT.COM - Dua raksasa Liga Italia (Serie A), AS Roma dan Inter Milan, terancam denda besar usai melanggar peraturan keuangan atau yang biasa disebut sebagai Financial Fair Play (FFP).

Selain harus membayar sejumlah uang pada asosiasi sepak bola Eropa yakni UEFA, kedua klub tersebut masih bisa dijerat dengan hukuman lainnya.

Laporan dari The Times pada Selasa (23/08/22) lalu menunjukkan jika sejumlah klub di Benua Biru tengah dihantui sanksi akibat ketidakpatuhan pada FFP.

Selain AS Roma dan Inter Milan, masih ada Paris Saint-Germain, Barcelona, dan bahkan kesebelasan Liga Italia lain seperti Juventus.

Yang membedakan I Lupi dan La Beneamata dengan tim lainnya adalah ada anggapan jika pelanggaran keduanya jauh lebih berat.

Oleh UEFA, selain denda yang berkisar antara 3 sampai 5 juta Euro (44,5-74,1 miliar Rupiah), masih ada ancaman lain bagi mereka.

AS Roma maupun Inter Milan bisa dilarang untuk mendaftarkan jumlah pemain yang sama dengan para rival mereka di ajang yang digelar oleh UEFA.

Contohnya saja Liga Champions, Liga Europa, atau Liga Konferensi Europa namun itu belum seberapa.

Larangan untuk belanja di bursa transfer selama beberapa periode bisa dijatuhkan juga andai dinilai memang pantas dihukum demikian.