Bola Internasional

Banyak Pemain Berdarah Belanda Bela Timnas Indonesia, KNVB Berikan Sorotan Tajam

Jumat, 2 September 2022 02:07 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Juni Adi
© Shintya Anya Maharani
Marc Klok, Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia. Copyright: © Shintya Anya Maharani
Marc Klok, Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Asosiasi sepak bola Belanda, KNVB angkat suara mengenai banyak pemain keturunan Belanda yang akhirnya membela Timnas Indonesia.

Pemain keturunan Belanda memang belakangan banyak yang akhirnya mengganti warga negara menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan membela Timnas Indonesia lewat jalur naturalisasi.

Sebut saja, deretan nama-nama seperti Marc Klok, Stefano Lilipaly, Ezra Walian dan masih banyak lagi yang kini menjadi WNI dan bermain untuk Timnas Indonesia.

Tak berhenti di situ, PSSI saat ini sedang memproses dua pemain keturunan Belandan lainnya, yakni Shandy Walsh dan Shayne Pattynama untuk dinaturalisasi menjadi WNI.

Kehadiran para pemain naturalisasi ini memang diharapkan bisa mendongkrak prestasi Timnas Indonesia.

Kini dengan banyaknya pemain asal Belanda yang akhirnya bermain untuk Timnas Indonesia, Sekjen KNVB, Gijs de Jong memberikan tanggapannya.

“Ya Marc Klok salah satu contohnya ya. Dia tadinya pemain di Belanda," ucap Gijs de Jong di Jakarta.

"Sekarang memperkuat timnas Indonesia. Ya tentu bagus ya, tapi jangan banyak-banyak ya," tambah dia.

Sebagai informasi perkembangan proses naturalisasi Shandy Walsh bersama pemain asal Spanyol, Jordi Amat sudh mendapat restu dari Komisi III DPR RI.

Sementara untuk Shayne Pattynama tertunda prosesnya karena dokumen dirinya terlambat dibandingkan dokumen Shandy Walsh dan Jordi Amat.