Liga Indonesia

AFC Sidak Stadion GBK dan Manahan untuk Tuan Rumah Piala Asia 2023, Penuhi Syarat?

Sabtu, 3 September 2022 17:52 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Logo Piala Asia 2023. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Logo Piala Asia 2023.

INDOSPORT.COM - Perwakilan konfederasi sepak bola Asia (AFC) sudah melakukan inspeksi ke Indonesia terkait urusan bidding tuan rumah Piala Asia 2023.

Sebanyak tujuh orang perwakilan AFC sudah tiba di Jakarta sejak Kamis (1/9/22). Mereka pun langsung menginspeksi Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada Jumat (2/9/22).

Tak hanya SUGBK, perwakilan AFC juga menginspeksi Stadion Manahan, Solo. Mereka ingin melihat sejauh mana kesiapan venue yang akan menggelar pertandingan maupun lapangan tempat latihan nantinya.

“PSSI menyambut baik kedatangan perwakilan AFC yang datang untuk mengecek stadion yang menjadi calon tempat bertanding Piala Asia 2023,” kata Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, Sabtu (3/9/22).

Yunus Nusi menambahkan, memang AFC bergerak cepat begitu menerima surat bidding dari PSSI untuk pengajuan tuan rumah Piala Asia 2023.

"Setelah dokumen bidding diterima memang AFC langsung merencanakan kedatangan mereka pada 1-4 September 2022 ini," tambah Yunus Nusi.

Tak hanya itu, perwakilan AFC yang datang turut ditemani oleh pejabat PSSI. AFC memastikan semua fasilitas terpenuhi, seperti venue utama, lapangan latihan, hingga hotel untuk tim.

“Agenda kedatangan AFC memang cukup singkat. Tim inspeksi mereka terbagi dalam beberapa tim, di mana setiap tim hanya melakukan inspeksi selama 1-4 hari saja," terang Yunus Nusi.

"Yang mereka pastikan ialah dokumen bidding dan venue sesuai dengan keadaan aslinya. Semua fasilitas memenuhi standar untuk level Piala Asia,” tutupnya.