In-depth

Siapa Lamine Yamal, Mini Messi Idaman Xavi yang Mulai 'Meresahkan' di Barcelona

Minggu, 11 September 2022 17:29 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/Albert Gea
Barcelona punya pemain berjuluk mini Lionel Messi yang eksistensinya kini makin berkibar. Foto: REUTERS/Albert Gea. Copyright: © REUTERS/Albert Gea
Barcelona punya pemain berjuluk mini Lionel Messi yang eksistensinya kini makin berkibar. Foto: REUTERS/Albert Gea.

INDOSPORT.COM - Mengenal lebih dekat sosok Lamine Yamal, wonderkid berjuluk Mini Lionel Messi yang saat ini dimiliki klub Liga Spanyol (LaLiga), Barcelona.

Masih berusia 15 tahun, pemain yang satu ini merupakan produk asli Barcelona yang berkembang di bawah didikan La Masia.

Belum lama ini, namanya mencuat ke permukaan setelah dipanggil Xavi Hernandez untuk ikut berlatih bersama tim utama.

Meski belum menandatangani kontrak profesional, pemanggilan Lamine Yamal oleh Xavi ini sudah membuktikan, bahwa ia dianggap prospek menjanjikan bagi skuad masa depan Barcelona.

Selain memiliki bakat sebagai pencetak gol seperti Lionel Messi, penyerang kelahiran 13 Juli 2007 ini juga bisa dipolot sebagai sayap kanan.

Posisi yang ia pegang inilah yang kemudian mengingatkan publik terhadap sosok La Pulga sewaktu muda, sehingga tercetuslah julukan Mini Messi tersebut.

Adalah akun Twitter resmi LaLiga yang mengungkap julukan itu saat mengunggah video sang pemain di LaLiga Promises 2019.

Meski masih berusia muda, Lamine Yamal menjadi satu dari 10 pemain yang mendapat kesempatan berlatih bersama tim senior Barcelona sekitar awal pekan lalu.

Dipanggilnya sang Mini Messi ini pun menjadi langkah konkret yang diambil Xavi untuk membuat La Masia berjaya lagi seperti dulu.

Terlebih lagi, ia juga termasuk alumni yang paling sukses selain Lionel Messi, Andres Iniesta, Sergio Busquets, dan masih banyak lagi.