Bola Internasional

Tak Bawa Pemain Bagus ke Timnas Inggris, Gareth Southgate: Reputasi Itu Tidak Penting!

Sabtu, 17 September 2022 05:55 WIB
Penulis: Triyoga Sandi Pamungkas | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© REUTERS/Carl Recine
Gareth Southgate, pelatih Timnas Inggris. Copyright: © REUTERS/Carl Recine
Gareth Southgate, pelatih Timnas Inggris.

INDOSPORT.COM Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, terus mendapatkan kritikan lantaran dirinya tidak membawa beberapa pemain yang sedang dalam performa baik.

Meski telah bermain apik selama enam laga berturut-turut di Liga Inggris (Premier League) bersama Arsenal, namun rupanya Ben White tetap tak dipanggil oleh Gareth Southgate.

Yang paling mengejutkan adalah Harry Maguire yang kini sedang dalam performa buruk dan jarang dimainkan oleh Erik ten Hag justru dipanggil untuk memperkuat Timnas Inggris.

Hal inilah yang lantas membuat Gareth Southgate terus mendapatkan kritikan lantaran terus membawa nama-nama besar ke dalam skuad Three Lions.

Sang pelatih pun ternyata memiliki cara tersendiri untuk memanggil pertimbangan khusus ketika menyeleksi para pemain untuk membela tim nasional.

Selain itu, Gareth Southgate pun juga berpendapat bahwa sebuah tim harus dipilih dengan menyesuaikan lawan yang dihadapi.

“Saya tidak pernah memilih (berdasarkan) reputasi – performa harus ada dalam hal itu,” kata Gareth Southgate, dikutip dari Football London.

“Anda harus melihat lawan dan jenis permainan yang Anda perkirakan dan memilih pemain yang cocok untuk itu,” pungkasnya.

Meski demikian, pemilihan skuad Timnas Inggris kali ini terkesan lebih mempertimbangkan reputasi daripada performa.

Hal ini dibuktikan dengan beberapa nama yang sedang dalam performa bagus justru tidak dipanggil oleh Gareth Southgate untuk membela Timnas Inggris, seperti Jadon Sancho, Jordan Henderson, dan Ben White.