Bola Internasional

Gagal di Liga Inggris, Wayne Rooney Paksa Pakai Metode Sir Alex Ferguson di MLS

Selasa, 20 September 2022 05:45 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© getty images
Pelatih DC United, Wayne Rooney yang mengalami kegagalan di Liga Inggris kini belajar untuk mengadopsi metode kepelatihan Sir Alex Ferguson di Major League Soccer (MLS). Copyright: © getty images
Pelatih DC United, Wayne Rooney yang mengalami kegagalan di Liga Inggris kini belajar untuk mengadopsi metode kepelatihan Sir Alex Ferguson di Major League Soccer (MLS).

INDOSPORT.COM – Wayne Rooney sempat mengalami kegagalan di Liga Inggris dan kini belajar untuk mengadopsi metode kepelatihan Sir Alex Ferguson di Major League Soccer (MLS).

Sejak mulai melatih DC United pada awal 2022, Wayne Rooney mencoba mengambil inspirasi dari eks juru taktiknya di Manchester United yakni Alex Ferguson.

Namun, harapan Wayne Rooney bisa sukses seperti Sir Alex Ferguson menemui hambatan. Hal itu setelah timnya baru membukukan dua kemenangan, tiga hasil imbang, dan menelan kekalahan dua kali dari 12 pertandingan laga.

Bahkan, melansir dari Mirror, Rooney meminta para pemain untuk terlibat dalam sesi dan menanyakan pendapat mereka tentang apa yang diperintahkan untuk mereka lakukan.

Pelatih berusia 36 tahun tersebut percaya bahwa metode tersebut bisa membantu pemain untuk memahami taktik permainan, serta mampu menerima ide.

Selain itu, pelatih asal Inggris itu juga menekankan bahwa dirinya akan memperlakukan pemain secara dewasa, walaupun sebenarnya skuat DC United juga diisi oleh para pemain muda.

“Yang terpenting adalah memperlakukan mereka sebagai orang dewasa. Mereka masih muda, tetapi memperlakukan mereka seperti laki-laki dan itu sangat berarti bagi mereka,” ujarnya.

“Anda dapat memberi mereka struktur (taktis) tetapi Anda tidak bisa berdiri di samping mereka di lapangan: mereka harus bertanggung jawab dan membuat keputusan untuk diri mereka sendiri.”

Hal tersebut dilakukan oleh Rooney agar para pemain memiliki pendapat, dan mau untuk mengungkapkan segalanya kepadanya.

Dengan demikian, Wayne Roonet telah membulatkan tekad untuk mengadopsi taktik dari pelatih sukses Eropa, Sir Alex Ferguson, yang menanganinya selama sembilan musim.