Bola Internasional

Piala Asia U-20: Iri Kesuksesan Timnas Indonesia, Vietnam U-20 Segera Rekrut Kompatriot Shin Tae-yong?

Kamis, 22 September 2022 17:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Selebrasi pemain Timnas Indonesia mengangkat pelatih Shin Tae-yong usai mengalahkan Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Selebrasi pemain Timnas Indonesia mengangkat pelatih Shin Tae-yong usai mengalahkan Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

INDOSPORT.COM - Iri dengan kesuksesan Timnas Indonesia, Timnas Vietnam U-20 diusulkan untuk merekrut kompatriot Shin Tae-yong, pelatih berpaspor Korea Selatan.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-20 berhasil menegaskan kegemilangan mereka di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, salah satunya saat mengalahkan Vietnam.

Timnas Indonesia U-20 lolos ke Piala Asia U-20 2023, setelah Marselino Ferdinan dkk memastikan kemenangan 3-2 atas Vietnam di Gelora Bung Tomo, Minggu (18/09/22).

Setelah sebelumnya mengalahkan Timor Leste dan Hong Kong, maka Timnas U-20 menjadi pemuncak klasemen dan otomatis lolos ke Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan.

Sementara Vietnam beruntung karena jadi runner-up terbaik dan melenggang ke Piala Asia U-20 2023 dengan perasaan hampa.

Ya, ketika mereka kalah saat menghadapi Timnas Indonesia U-20, maka kualitas para pemain hingga pelatih menjadi tanda tanya.

Banyak yang menyesalkan mengapa VFF (federasi sepak bola Vietnam, setara PSSI) menggunakan pelatih lokal Dinh The Nam.

Padahal, saat ini pelatih Timnas Vietnam U-23, Gong Oh-kyun sedang menganggur dan bisa ditarik ke tim U-20 jika diperlukan.

Dilansir dari media Vietnam, Bongda.com, masyarakat Vietnam menyesalkan mengapa federasi tidak menunjuk Gong Oh-kyun, eks asisten Shin Tae-yong, untuk jadi pelatih.

"Berbicara tentang pelatih Dinh The Nam, dia nyaris tak berdaya saat menyampaikan (strategi) kepada pemain dalam suasana seperti itu (stadion full)," tertulis di Bongda.