Liga Indonesia

Jelang Timnas Indonesia vs Curacao, Nama Marc Klok Tarik Perhatian Eks Bintang Everton

Sabtu, 24 September 2022 16:15 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
© REUTERS/Chalinee Thirasupa
Cuco Martina mengaku tahu sedikit soal Marc Klok yang sama-sama lahir dan besar di Belanda jelang duel timnas Indonesia vs Curacao. Foto: REUTERS/Chalinee Thirasupa Copyright: © REUTERS/Chalinee Thirasupa
Cuco Martina mengaku tahu sedikit soal Marc Klok yang sama-sama lahir dan besar di Belanda jelang duel timnas Indonesia vs Curacao. Foto: REUTERS/Chalinee Thirasupa

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia dan Curacao yang akan beduel dalam agenda FIFA Matchday, Sabtu (24/9/22), rupanya punya banyak kesamaan.

Salah satunya adalah maraknya penggunaan pemain naturalisasi dari Belanda seperti Marc Klok (timnas Indonesia) dan Cuco Martina (Curacao).

Baik Indonesia dan Curacao memang masih punya hubungan erat dengan Belanda karena pengaruh kolonialisme alias penjajahan di masa lalu.

Akhinya ketiga negara kini punya hubungan yang unik dengan banyak asimilasi budaya dan orang-orangnya.

Beberapa pemain sepak bola yang lahir dan besar di Belanda kemudian banyak yang meniti karier internasional bersama negara bekas koloni tanah air mereka.

Contohnya Cuco Martina. Ia mulai membela Curacao sejak 2011 karena memang darah Curacao memang mengalir dalam nadinya dan kini bahkan menjadi kapten tim.

Bek kanan kelahiran Rotterdam 32 tahun lalu yang sempat berlaga di Liga Inggris untuk Southampton dan Everton itu bahkan kini menjabat sebagai kapten tim La Pantera Azul.

Sedangkan Marc Klok memang tidak punya garis keturunan Indonesia namun setelah lima tahun berturut-turut tinggal di Zamrud Khatulistiwa, hak menjadi WNI bisa ia dapatkan.

Debutnya bersama timnas Indonesia baru didapat tahun ini dan sang gelandang berusia 29 tahun dengan cepat menyatu dengan skema racikan pelatih Shin Tae-yong.

Bintang Persib Bandung tersebut sudah menyarangkan satu gol untuk Tim Garuda di laga kontra Kuwait pada ajang Kualifikasi Piala Asia 2023.