In-depth

Secuil Kisah Frank Rijkaard Bersama Trio Belanda Paling Fenomenal di AC Milan

Sabtu, 1 Oktober 2022 16:20 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Jasper Juinen/Getty Images
Frank Rijkaard (kanan) pernah meraih kesuksesan bersama dua rekan senegaranya saat berada di klub Liga Italia (AC Milan). Foto: Jasper Juinen/Getty Images. Copyright: © Jasper Juinen/Getty Images
Frank Rijkaard (kanan) pernah meraih kesuksesan bersama dua rekan senegaranya saat berada di klub Liga Italia (AC Milan). Foto: Jasper Juinen/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Mengingat kembali secuil kisah Frank Rijkaard saat bermain untuk klub Liga Italia (Serie A), AC Milan.

Mantan bintang Timnas Belanda ini diketahui baru saja merayakan hari ulang tahunnya yang jatuh pada 30 September kemarin.

Kini sudah menginjak usia 60 tahun, tidak terasa waktu ternyata berlalu begitu cepat.

Apabila melihat ke belakang, Frank Rijkaard telah melewati banyak momen berharga dalam kariernya sebagai pesepak bola.

Salah satunya saat berada di AC Milan. Bahkan, saat itu ia ‘menciptakan’ trio Belanda yang fenomenal di Liga Italia bersama Marco van Basten dan Ruud Gullit.

Ya, tiga pemain ini memang memegang peran penting dalam membawa kejayaan bagi AC Milan pada akhir 1980-an hingga awal 1990-an.

Sebelum merapat ke AC Milan, Frank Rijkaard sempat sukses bersama Ajax namun dikabarkan punya hubungan yang retak dengan sang pelatih, Johan Cruyff.

Hal ini pula yang membuat ia akhirnya angkat kaki dari Belanda untuk bergabung dengan Sporting Lisbon kemudian Real Zaragoza.

Padahal, selama berseragam Ajax, sosok yang bernama lengkap Franklin Edmundo Rijkaard tersebut berhasil menggondol seabrek gelar bergengsi mulai dari Eredivisie sampai Piala KNVB.

Akan tetapi, AC Milan juga bukan tempat yang buruk bagi Frank Rijkaard, karena di sinilah ia menjadi figur penting di bawah kepelatihan Arrigo Sacchi dan Fabio Capello.