Liga Indonesia

Tragedi Kanjuruhan Jadi Luka Mendalam, Kapten Timnas Indonesia Beri Pesan Bijak

Rabu, 5 Oktober 2022 20:51 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Arif Rahman/Indosport.com
Kapten Timnas Indonesia, Fachruddin Aryanto menjawab pertanyaan media saat konferensi pers di Trans Hotel, Kota Bandung, Selasa (31/05/22). Foto: Arif Rahman/Indosport.com. Copyright: © Arif Rahman/Indosport.com
Kapten Timnas Indonesia, Fachruddin Aryanto menjawab pertanyaan media saat konferensi pers di Trans Hotel, Kota Bandung, Selasa (31/05/22). Foto: Arif Rahman/Indosport.com.

INDOSPORT.COM – Kapten Timnas Indonesia, Fachruddin Aryanto, menyerukan pesan introspeksi diri atas tragedi memilukan usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan.

Pemain asal Klaten ini turut angkat suara terkait tragedi di Stadion Kanjuruhan. Ia mengajak semua pihak untuk merenungi dan mengambil pelajaran dari peristiwa ini.

Fachruddin mengharapkan kejadian memilukan itu tidak terulang lagi pada masa yang akan datang, baik di dunia sepak bola maupun olahraga lainnya.

Selain itu, dia juga menambahkan agar semua pihak tidak saling menyalahkan dan saling introspeksi diri, terlebih tragedi ini menjadi duka bagi dunia.

“Ayo bersama-sama mengambil hikmah dari Tragedi Kanjuruhan. Tidak ada satu pun yang menginginkan tragedi ini terjadi,” tutur Fachruddin Aryanto dikutip dari Antara.

“Semua pihak harus belajar agar tidak terulang kembali, sekaligus saling merenungi. Bukan hanya pemain, suporter, penyelenggara, pengamanan, tapi semuanya,” sambungnya.

Sama halnya dengan kapten Timnas Indonesia tersebut, gelandang senior Madura United yakni Slamet Nurcahyo mengungkapkan bahwa tragedi ini bisa membuat trauma berbagai pihak.

“Harapan saya, tidak ada yang membuat keruh. Kami harus mendukung upaya pemerintah dan semua pihak sudah gerak cepat. Kita semua sedang berduka dan belajar dari tragedi itu,” tutur Slamet.

Tragedi yang menewaskan lebih dari seratus jiwa itu, menjadi sorotan baik dalam negeri maupun dunia internasional.

Tak terkecuali dari pemain Timnas Indonesia yang turut berbelasungkawa atas tragedi yang menyisakan luka di hati penggemar sepak bola Indonesia.