Liga Indonesia

Cegah Risiko Terburuk, FIFA Rekomendasikan Kick-off Liga 1 Pukul 5 Sore

Sabtu, 8 Oktober 2022 15:45 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Getty Images
FIFA. Copyright: © Getty Images
FIFA.

INDOSPORT.COM - Induk organisasi sepak bola dunia, FIFA, mengkritisi waktu kick-off Liga 1 Indonesia 2022-2023 yang dinilai terlalu malam. Mereka lantas merekomendasikan sepak mula berlangsung pada pukul 17.00.

Sepak bola Indonesia memang tengah menjadi sorotan dunia. Hal ini tak lepas dari tragedi kelam yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

Seperti diketahui, bencana kemanusiaan terjadi tepat setelah laga yang memunculkan Persebaya sebagai pemenang dengan skor 3-2 itu berakhir. Mirisnya, kericuhan menewaskan lebih dari 130 orang.

Meledaknya Tragedi Kanjuruhan memaksa Presiden RI, Joko Widodo, turun tangan dan langsung berkomunikasi dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino.

FIFA pun bergerak cepat dengan merespons komunikasi awal dengan Presiden Joko Widodo. Mereka mengirimkan surat balasan pada Rabu (5/10/22), yang berisikan lima poin rekomendasi untuk sepak bola Indonesia.

Dari keseluruhan, satu poin yang menyoroti jam kick-off Liga 1. FIFA merekomendasikan sepak mula dilaksanakan lebih awal, yakni maksimal pukul 17.00 WIB, dan pemilihan harinya adalah akhir pekan.

Bukan tanpa alasan FIFA menyoroti jam kick-off Liga 1. Kompetisi kasta tertinggi Indonesia musim ini memang kerap berlangsung terlalu larut malam, yakni pukul 20.30 WIB.

Bahkan, Tragedi Kanjuruhan meletus tepat usai pertandingan Arema FC melawan Persebaya Surabaya yang berakhir terlalu larut malam sekitar pukul 21.50 WIB.