In-depth

Kisah di Balik Kolapsnya Roberto Donadoni, Bikin Paolo Maldini dan AC Milan Syok Berat

Sabtu, 8 Oktober 2022 23:09 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Nicolo Campo/LightRocket via Getty Images
Paolo Maldini salah satu saksi kolapsnya Roberto Donadoni di pertandingan AC Milan. Foto: Nicolo Campo/LightRocket via Getty Images. Copyright: © Nicolo Campo/LightRocket via Getty Images
Paolo Maldini salah satu saksi kolapsnya Roberto Donadoni di pertandingan AC Milan. Foto: Nicolo Campo/LightRocket via Getty Images.

INDOSPORT.COM - Mengingat kembali momen Roberto Donadoni kolaps dan membuat para pemain AC Milan, termasuk Paolo Maldini, syok.

Peristiwa tersebut terjadi di pertandingan melawan klub Serbia, Red Star Belgrade, di European Cup (sekarang Liga Champions) 1988-1989.

Pada saat itu, mereka berjumpa di putaran kedua, yang mana pertandingannya digelar dalam format dua leg.

Di leg pertama, baik AC Milan maupun Red Star Belgrade bermain sama kuat dengan skor 1-1. Gol tunggal Rossoneri dicetak oleh Pietro Paolo Virdis pada menit ke-48.

Hanya saja, leg kedualah yang menjadi masalah, manakala permainan dihentikan karena lapangan tertutup kabut pekat.

Pertandingan berkabut antara Red Star Belgrade vs AC Milan di Marakana ini pun kemudian dikenal dengan sebutan Fog of Belgrade.

Pertandingan terpaksa dihentikan pada menit ke-65 saat Red Star Belgrade tengah unggul 1-0 berkat gol Dejan Savicevic.

Alhasil, agenda antara kedua tim ini kembali digelar hari esoknya dengan hasil void yang mana cukup merugikan kubu tuan rumah.

Line up yang dipasang pun sama seperti leg pertama, namun minus Pietro Paolo Virdis (Red Star Belgrade) dan Carlo Ancelotti (AC Milan) yang tidak bisa tampil karena hukuman larangan bermain.

Pertandingan replay tersebut pun berakhir imbang 1-1 dan dilanjutkan ke adu penalti. Para eksekutor AC Milan berhasil menunaikan tugasnya dengan baik sehingga memastikan kemenangan 4-2 atas sang lawan.