Bola Internasional

Lolos 2 Final Kompetisi Besar di Jepang, Sanfrecce Hiroshima Ciptakan Sejarah

Sabtu, 15 Oktober 2022 20:12 WIB
Editor: Herry Ibrahim
© Dok. J-League
Pelatih klub J1 League Sanfrecce Hiroshima asal Jerman, Michael Skibbe. Copyright: © Dok. J-League
Pelatih klub J1 League Sanfrecce Hiroshima asal Jerman, Michael Skibbe.

INDOSPORT.COM - Klub J1 League, Sanfrecce Hiroshima adalah sang penguasa kompetisi piala di Negeri Sakura musim ini.

Hal ini bisa dilihat dari pencapaian La Viola yang berhasil lolos ke dua final besar kompetisi piala di Jepang, yakni J.League YBC Levain Cup dan Piala Kaisar Jepang 2022.

Kegemilangan Sanfrecce Hiroshima musim ini dimulai saat mereka menunjuk pelatih asal Jerman, Michael Skibbe, pada awal musim, menggantikan posisi Kentaro Sawada yang menangani tim akhir musim lalu.

Skibbe adalah pelatih yang penuh pengalaman, termasuk menjadi pelatih klub-klub seperti Borussia Dortmund, Bayer Leverkusen, Eintrach Frankfurt, Hertha Berlin, dan Galatasaray.

Di level timnas, Skibbe pernah jadi pelatih timnas U-18 dan U-20 Jerman, serta jadi asisten pelatih Jerman saat dinakhodai Rudi Voller. Ia juga pernah jadi pelatih timnas Yunani.

Melatih di kompetisi Liga Jepang kali pertama musim ini, Sanfrecce Hiroshima langsung dibawa oleh Skibbe terbang tinggi.

Saat ini dengan dua laga tersisa, Sanfrecce berada di posisi ketiga klasemen sementara Meiji Yasuda J1 League, dengan membutuhkan tiga poin saja untuk memastikan tempat di tiga besar alias tiket ke Liga Champions Asia musim depan.

Bahkan, Skibbe dua kali meraih predikat sebagai Pelatih Terbaik bulanan J1 League, yaitu pada bulan April dan Agustus 2022.

Sho Sasaki, Hayato Araki, Gokuto Notsuda, Tsukasa Morishima, Keisuke Osako, Makoto Mitsuta, danpemain-pemain asing seperti Douglas Vieira, Ezequiel, dan Nassim Ben Khalifa jadi andalan Skibbe musim ini.

Tak hanya di liga, kegemilangan Sanfrecce Hiroshima terlihat paling mentereng di kompetisi piala, dengan Sanfre lolos ke final di dua kompetisi besar di Jepang.