In-depth

Ada Barcelona dan Real Madrid, 5 Klub yang Pemainnya Paling Sering Menangkan Ballon d'Or

Selasa, 18 Oktober 2022 16:18 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS/Benoit Tessier
Trofi Ballon d'Or ditampilkan selama penghargaan REUTERS-Benoit Tessier Copyright: © REUTERS/Benoit Tessier
Trofi Ballon d'Or ditampilkan selama penghargaan REUTERS-Benoit Tessier

INDOSPORT.COM - Event penghargaan untuk pemain sepak bola paling bergengsi di Eropa dan dunia, Ballon d'Or baru saja rampung digelar di Theatre du Chatelet, Paris, pada Selasa (18/10/22) dinihari tadi.

Penghargaan Ballon d'Or sendiri digagas oleh salah satu majalah ternama asal Prancis, France Football pada tahun 1956. Wartawan menjadi juri untuk menentukan pemenangnya.

Masing-masing negara anggota UEFA diberi satu wakil wartawan untuk memberikan satu suara dengan pilihan lima pemain terbaik yang berkarier di Eropa saat ini.

Saking bergengsinya, penghargaan Ballon d'Or sampai bisa menandingi penghargaan pemain terbaik dunia versi FIFA, sehingga FIFA dan France Footbal sempat bekerja sama untuk menggabungkannya pada 2010.

Namun kerja sama itu berakhir pada 2016. Artinya, mulai saat itu setiap tahun akan kembali ada dua penghargaan bergengsi untuk insan sepak bola hingga saat ini.

Untuk edisi 2022 ini, Ballon d'Or dimenangkan oleh penyerang Real Madrid, Karim Benzema. Ia mengalahkan 30 pemain hebat lain sebagai nominasi.

Termasuk nama tiga tenar yang masuk empat besar yakni Sadio Mane, Kevin de Bruyne, dan Robert Lewandowski.

Benzema menempati daftar teratas dan keluar sebagai pemenang Ballon d'Or 2022. Penyerahan trofi diserahkan legenda Timnas Prancis dan eks pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane.

Penobatan Benzema sebagai pemenang Ballon d'Or 2022 sudah diprediksi sebelumnya. Penyerang Prancis itu memang tampil gemilang bersama Real Madrid musim lalu.

Benzema mencetak 44 gol musim lalu yang menjadikannya top skor LaLiga (27 gol) dan Liga Champions (15 gol). Gelontoran golnya mengantarkan Real Madrid ke tangga juara Liga Spanyol dan Liga Champions.

Selain itu, keberhasilan Karim Benzema memenangkan Ballon d'Or tahun ini menambah catatan prestasi lain untuk Real Madrid di penghargaan tersebut.

Prestasi itu adalah Real Madrid sejajar dengan Barcelona sebagai klub yang pemainnya paling sering memenangkan Ballon d'Or dari masa ke masa. 

Tak hanya Real Madrid dan Barcelona, ada juga klub lain yang pemainnya sering memenangkan Ballon d'Or. Siapa saja?