Liga Indonesia

Pelatih Kiper Persib Asal Brasil Bongkar Rahasia Lahirkan Penjaga Gawang Berkualitas Liga 1

Kamis, 20 Oktober 2022 02:00 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Subhan Wirawan
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih penjaga gawang Persib, Luizinho Passos. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih penjaga gawang Persib, Luizinho Passos. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Pelatih kiper Persib Bandung asal Brasil, Luizinho Passos, bongkar rahasia sukses dirinya mampu lahirkan penjaga gawang berkualitas di Liga 1 Indonesia.

Seperti diketahui, Luizinho Passos sudah cukup lama berkarier di Indonesia dan sebelum gabung ke Persib dirinya sempat menangani Borneo FC.

Selama berkarir di Indonesia, Passos banyak menghasilkan kiper berkualitas di kompetisi sepak bola Liga 1, diantaranya Muhammad Ridho dan Nadeo Argawinata. Mereka, berhasil diorbitkan olehnya, dan sempat dipanggil memperkuat Timnas Indonesia.

Menurut Luizinho Passos, ada beberapa aspek yang dilihat olehnya dari seorang penjaga gawang. Diantaranya, teknik dan fisik.

"Saya menganalisa beberapa aspek dari pemain tersebut untuk menjadi penjaga gawang yang hebat, seorang calon penjaga gawang tim nasional," kata Passos.

"Dia harus memiliki bakat teknik dan fisik supaya bisa terus berkembang secara konstan. Selain itu aspek kognitif juga tidak kalah pentingnya," ujarnya.

"Dan ada aspek penting lain yang sangat mendasar yaitu karakter pemain tersebut, karena itu yang membuat ada perbedaan besar dengan kiper lain," ucapnya menambahkan.

Saat di Borneo, Passos melatih tiga nama kiper yang menurutnya memiliki kualitas, yakni Ridho, Nadeo dan Gianluca. Saat ini ketiganya, menjadi penjaga gawang yang sering mendapat kesempatan bermain.

Pelatih asal Brasil ini merasa senang, bisa membantu ketiga penjaga gawang tersebut meningkat kemampuannya, sehingga mereka bisa menjadi andalan di tim masing-masing.

"Semuanya mempunyai potensi yang luar biasa. Saya berusaha untuk menggali kemampuan terbaik dari masing-masing kiper ini dan mereka juga berusaha keras untuk mencapai tujuan," ungkap Passos.

"Saya senang ikut terlibat dalam peningkatan performa dari mereka. Gianluca bermain untuk Borneo, Ridho terpanggil beberapa kali oleh tim nasional di era kepelatihan Luis Milla. Dan Nadeo sekarang menjadi kiper nomor satu di Indonesia," jelasnya.