In-depth

Deretan Kiper dengan Assist Terbanyak di Liga Inggris, Alisson Becker Masih Medioker

Kamis, 27 Oktober 2022 19:37 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Clive Brunskill/Getty Images
Alisson Becker termasuk kiper dengan assist terbanyak di Liga Inggris. Foto: Clive Brunskill/Getty Images. Copyright: © Clive Brunskill/Getty Images
Alisson Becker termasuk kiper dengan assist terbanyak di Liga Inggris. Foto: Clive Brunskill/Getty Images.

INDOSPORT.COM – Berikut deretan kiper dengan assist terbanyak di Liga Inggris (Premier League), di mana Alisson Becker masih kalah dari Paul Robinson.

Menjadi seorang penjaga gawang mungkin bukan menjadi cita-cita utama bagi mereka yang gemar terhadap dunia sepak bola.

Kiper atau penjaga gawang lebih sering mendapat sedikit sorotan perhatian dibanding dengan mereka yang berada di lini serang sebuah tim.

Namun, siapa sangka, ada juga pesepak bola yang akhirnya memilih untuk menjadi seorang penjaga gawang dengan tujuan tertentu.

Iker Casillas misalnya, yang sempat memberi pernyataan bahwa dirinya ingin menjadi sosok penghadang bagi mereka yang ingin mencetak gol.

Namun, di era sepak bola sekarang ini, tuntutan kiper tampaknya tidak hanya sekedar sebagai pelindung di bawah mistar gawang.

Tuntutan lain menjadi kiper saat ini adalah juga mampu untuk memberikan umpan-umpan distribusi bagi lini tengah hingga lini serang lawan.

Sebut saja kiper klub Liga Inggris, Liverpool, yakni Alisson Becker yang beberapa waktu lalu kembali menjadi sorotan setelah memberikan umpan distribusi ke Mohamed Salah dan berbuah gol.

Keputusan Alisson Becker tersebut tak ayal membuatnya mampu mencatatkan satu assist bagi terciptanya gol Mohamed Salah.

Namun selain Alisson Becker, ternyata ada para penjaga gawang lain yang telah banyak menorehkan assist di Liga Inggris. Siapa sajakah mereka? Berikut ulasannya.