Liga Indonesia

Geber Naturalisasi, PSSI Targetkan Ivar Jenner dan Justin Hubner Main di Piala Asia U-20

Jumat, 28 Oktober 2022 20:10 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
PSSI menargetkan dua pemain keturunan Indonesia-Belanda, Ivar Jenner dan Justin Hubner, bermain di Piala Asia U-20 2023. Copyright: © Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
PSSI menargetkan dua pemain keturunan Indonesia-Belanda, Ivar Jenner dan Justin Hubner, bermain di Piala Asia U-20 2023.

INDOSPORT.COM - PSSI menargetkan dua pemain keturunan Indonesia-Belanda, Ivar Jenner dan Justin Hubner, bermain di Piala Asia U-20 2023. Saat ini, proses naturalisasi keduanya sedang dikebut.

Ivar dan Justin kini telah pulang ke Belanda setelah lima hari berada di Jakarta untuk mengurus dokumen yang dibutuhkan dalam proses naturalisasi.

Kedua anak muda 18 tahun itu juga melakukan wawancara dengan Badan Intelejen Negara (BIN), tes medis hingga berkomunikasi dengan Kedutaan Belanda di Jakarta.

PSSI juga telah berkomunikasi dengan Kemenpora untuk meminta rekomendasi, supaya pengajuan naturalisasi Ivar dan Justin disetujui pemerintah.

"Mereka sudah pulang ke negaranya, ke Belanda dan akan bergabung di klub mereka. Proses administrasi sudah dijalankan, kami dengan Kemenpora dan Kemenkumham sudah dilaporkan dan mereka sambut baik," ujar Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

"Insya Allah secepatnya diproses, kan targetnya sebelum Piala Dunia U-20 2023," ujarnya.

Sekjen PSSI berharap proses naturalisasi keduanya lebih cepat rampung. Targetnya adalah bisa ikut serta di Piala Asia U-20 yang dimainkan pada 1-18 Maret 2023 di Uzbekistan.

"Kami usahakan Februari di Uzbekistan, Pokoknya komitmen Kemenpora dan Kemenkumham akan diproses secepatnya sesuai keinginan Shin Tae-yong," kata Yunus.

Karena tenaga Ivar dan Justin sangat krusial untuk Timnas U-20 di Piala Dunia U-20 2023, proses naturalisasinya dipastikan lebih cepat dibanding pemain keturunan lain yakni Sandy Walsh dan Jordi Amat.