Liga Indonesia

Liga 1: Dikembalikan ke Posisi Asli, Bek Blasteran Brasil Bikin Persis Solo Semringah

Selasa, 1 November 2022 15:15 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/Indosport.com
Peluang winger Persis Solo, Kevin Gomes dipatahkan lini belakang PSS Sleman. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com Copyright: © Nofik Lukman Hakim/Indosport.com
Peluang winger Persis Solo, Kevin Gomes dipatahkan lini belakang PSS Sleman. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Asisten pelatih Persis Solo, Rasiman, memuji salah satu pemainnya, Kevin Gomes de Oliveira. Pemuda blasteran Indonesia-Brasil itu menunjukkan progres ketika dikembalikan ke posisi bek kiri.

Kevin memang lebih dikenal sebagai bek kiri sejak pulang ke Indonesia membela Kalteng Putra pada Liga 1 2019. Dia kala itu tampil disiplin dan sempat mendapat panggilan timnas Indonesia U-23.

Peran bek kiri kembali berlanjut saat dia membela Persita Tangerang di Liga 1 2021-2022. Kevin masih mendapat kesempatan 16 kali tampil meski Edo Febriansyah sedang moncer.

Namun, Kevin kemudian digeser ketika awal gabung Persis Solo. Saat tim ditangani Jacksen F. Tiago, Kevin ditempatkan sebagai gelandang sayap kiri.

Posisi itu membuat Kevin Gomes de Oliveira cukup kesulitan. Bahkan, ia kurang luwes sebagai pemain sayap sejak pertama ditampilkan dalam uji coba melawan Persebaya Surabaya.

Saat roda kepelatihan dipimpin Rasiman, Kevin dikembalikan ke posisi semula. Dia rutin ditampilkan dalam setiap uji coba yang digelar pada akhir pekan.

Performa Kevin terlihat bagus ketika menghadapi Gresik United, Jumat (22/10/22). Permainan terlihat lebih berimbang ketimbang saat Persis Solo melawan tim-tim Liga 3 di Stadion Joko Samudro.

Rasiman cukup puas dengan bagaimana cara Kevin memutus serangan lawan. Maka, Rasiman tak ragu untuk benar-benar mengembalikan putra pelatih Gomes de Oliveira ini ke posisi aslinya.

"Ada beberapa pemain yang bermain di beberapa posisi, seperti Kevin, Gavin Kwan, dan Alfath Fathier. Kemudian, saya meminta mereka untuk memilih satu posisi saja agar fight di situ dan Kevin memilih posisi bek kiri," kata Rasiman.

Menurut Rasiman, Kevin bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya sebagai bek kiri. Dia juga bisa kerja bagus saat ditampilkan melawan Persiba Bantul, meskipun lawan jarang memberikan tekanan.

"Mungkin saat melawan Persiba tidak terlalu banyak ancaman, karena lawan lebih mundur, tapi waktu lawan Gresik, saya bisa melihat Kevin berprogres," tutur Rasiman.