Piala Dunia 2022

Profil Tim Piala Dunia 2022: Qatar, Menanti Geliat Tuan Rumah dan Raja Sepak Bola Asia

Rabu, 2 November 2022 18:16 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Berikut profil Timnas Qatar di Piala Dunia 2022. Foto: REUTERS/Lisa Leutner. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Berikut profil Timnas Qatar di Piala Dunia 2022. Foto: REUTERS/Lisa Leutner.

INDOSPORT.COM - Berikut profil tim Piala Dunia 2022 yang akan menyajikan seluk-beluk kontestan tuan rumah, Timnas Qatar.

Berstatus sebagai penyelenggara Piala Dunia 2022, Qatar mendapat kehormatan berada di Grup A bersama Ekuador, Senegal, dan Belanda.

Timnas Qatar yang juga bernaung di bawah Asian Football Confederation (AFC) ini, sejatinya punya catatan yang tidak mentereng di Piala Dunia.

Ini adalah kali pertama bagi mereka bermain di putaran grup, setelah berkali-kali tidak lolos kualifikasi.

Sementara di level Benua Kuning, Timnas Qatar menorehkan prestasi yang cukup apik pada tahun 2019 dengan menjuarai Piala Asia.

Bahkan, mereka juga mendominasi raihan individu dengan menggondol sejumlah gelar seperti top skor dan pemain terbaik, yang berhasil dikawinkan oleh Almoez Ali.

Pemain kelahiran Sudan tersebut berhasil mencetak 9 gol - memecahkan rekor hebat sebagai top skor dengan jumlah gol terbanyak dalam satu edisi Piala Asia.

Selain Almoez Ali, sang kiper yakni Saad Al Sheeb sukses meraih gelar kiper terbaik. Sepanjang event berlangsung, ia hanya kebobolan satu kali! Itu pun saat bersua Jepang di final.

Timnas Qatar menekuk kontestan dari Negara Sakura tersebut dengan skor 3-1. Adalah eks Liverpool, Takumi Minamino, satu-satunya pemain yang berhasil membobol gawang Saad Al Sheeb di Piala Asia 2019.

Ya, walau punya sejarah masa lampau yang tidak seberapa saat melangkahkan kaki di Piala Dunia 2022, Timnas Qatar memang sudah menunjukkan perkembangan pesat dalam beberapa tahun terakhir - termasuk di FIFA Arab Cup 2021.