In-depth

Termasuk Gol 'Tangan Tuhan' Maradona, Deretan Gol Ini Tidak Akan Ada Jika VAR Sudah Eksis

Jumat, 4 November 2022 19:35 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Prio Hari Kristanto
© El Grafico/Getty Images
Diego Maradona (kiri) menggunakan tangannya untuk mencetak gol pertama saat melawan Inggris di perempatfinal Piala Dunia 1986. Copyright: © El Grafico/Getty Images
Diego Maradona (kiri) menggunakan tangannya untuk mencetak gol pertama saat melawan Inggris di perempatfinal Piala Dunia 1986.

INDOSPORT.COM – Berikut deretan gol yang bakal dianulir jika teknologi Video Assistant Referee (VAR) sudah ada sejak dulu, gol ‘Tangan Tuhan’ Diego Maradona salah satunya.​ 

Imbas dari kemajuan teknologi saat ini, dunia olahraga turut mendapatkan dampaknya, salah satunya adalah dengan adanya penerapan Video Assistant Referee (VAR).

VAR merupakan bantuan teknologi untuk membantu asisten wasit meninjau tayangan ulang sebuah insiden dalam sepak bola maupun olahraga yang lain.

Fungsi VAR adalah untuk menegakkan peraturan pertandingan sepak bola (Laws of the Game) semaksimal mungkin.

Cara kerjanya adalah dengan memerikan kembali lewat siaran televisi atau rekaman pertandingan secara langsung untuk melihat insiden dalam sebuah pertandingan.

Namun, di sisi lain, VAR ternyata juga menyimpan 'kekurangan' dengan kerap merugikan satu sisi tim yang tengah bertanding.

VAR dapat menganulir gol yang sudah tercipta dalam sebuah pertandingan, entah karena off-side, pelanggaran atau pun hal lainnya.

Salah satu kasus klub yang pernah dirugikan oleh VAR adalah gol Harry Kane ketika Tottenham Hotspur melawan Sporting Lisbon di Liga Champions 2022/23 baru-baru ini.

Situasi tersebut kemudian membuat Antonio Conte merasa marah-marah atas keputusan dari VAR tersebut.

Namun, jika VAR sudah ada sejak dulu, gol mana sajakah yang dapat dianulir oleh kecanggihan teknologi tesebut. Berikut INDOSPORT berikan ulasannya.