Liga Indonesia

Liga 1: Bicara Evaluasi Uji Coba, Seto Pastikan PSS Sleman Petik Banyak Pelajaran

Sabtu, 5 November 2022 21:25 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Media PSS Sleman
Suporter PSS Sleman memasang spanduk dukungan untuk Seto Nurdiyantoro dalam sesi latihan. Foto: Media PSS Sleman Copyright: © Media PSS Sleman
Suporter PSS Sleman memasang spanduk dukungan untuk Seto Nurdiyantoro dalam sesi latihan. Foto: Media PSS Sleman

INDOSPORT.COM - Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro, lumayan gembira dengan program yang dijalani anak asuhnya di Boyolali. Agenda uji coba melawan Nusantara United FC, Jumat (4/11/22), menjadi penyegaran dalam program sebulan ini.

PSS tidak mengambil "jatah" libur selama Liga 1 2022-2023 dihentikan. Mereka berupaya memanfaatkan momentum ini untuk evaluasi tim melalui latihan maupun uji coba.

Sejauh ini, sudah lima uji coba dijalani Riki Dwi Saputro dkk. Empat laga sebelumnya melawan Raga Putra Menoreh, Bantul United, 757 Kepri Jaya FC, serta PS Tunas Ngaglik.

Seluruh agenda uji coba maupun latihan PSS berlangsung di Lapangan Pakembinangun, Sleman. Meski setiap hari disuguhi pemandangan puncak Gunung Merapi, menjalani rutinitas yang sama selama sebulan terakhir jelas memberi rasa bosan.

Makanya, uji coba kelima ini digelar di Stadion Kebo Giro, Boyolali. Meski masih dengan tatapan sama melihat Gunung Merapi, namun paling tidak Ze Valente dkk. melihat dari sisi yang berbeda.

PSS Sleman juga tak melawan tim Liga 3 lagi. Nusantara United FC yang notabene kontestan Liga 2 dipilih sebagai lawan uji coba, bahkan Seto Nurdiyantoro cukup puas dengan agenda ini.

"Uji tanding ini Alhamdulillah berjalan dengan lancar. Inilah pertama kalinya juga kami mengadakan uji tanding di luar Sleman dan dengan tim yang lebih tinggi levelnya yaitu Liga 2," kata Seto usai pertandingan.

Dalam laga ini, PSS masih meneruskan catatan sempurna selama uji coba. Mereka menang tipis 2-1 berkat gol yang dicetak Ze Valente menit ke-25 dan Miftahul Hamdi (87').

Namun, PSS Sleman gagal clean sheet pada uji coba ini. Pada pengujung laga, setelah mengganti sembilan pemain, Nusantara United bisa memperkecil kedudukan lewat gol Ari Maring.

Dari sisi permainan, pelatih berlisensi AFC Pro ini masih mencatat beberapa perbaikan yang perlu dilakukan dengan menepikan hasil akhir.

"Kami mencoba formasi baru di pertandingan ini. Meskipun secara hasil kemenangan berpihak kepada kami, tapi menurut saya masih ada beberapa hal yang harus dievaluasi," jelas Seto Nurdiyantoro.