Piala Dunia 2022

Apa Kabar Chilavert? Kiper yang Nyaris Cetak Gol di Piala Dunia 1998, Kini jadi Capres Paraguay

Senin, 7 November 2022 14:06 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© The Sun
Mantan kiper TImnas Paraguay, Jose Luis Chilavert. Copyright: © The Sun
Mantan kiper TImnas Paraguay, Jose Luis Chilavert.

INDOSPORT.COM - Apa kabar Jose Luis Chilavert? Kiper yang nyaris mencetak gol di Piala Dunia 1998, kini ia banting setir ke dunia politik dan menjadi calon presiden Paraguay.

Pada era sepak bola modern, kiper atau penjaga gawang bukan lagi hanya sekadar menjaga gawang dari kebobolan. Namun, ia juga bisa maju ke depan dan mencetak gol.

Seperti Rogerio Ceni yang mencatatkan namanya sebagai kiper dengan jumlah gol terbanyak sepanjang sejarah sepak bola.

Berkarier sebagai pesepak bola dengan posisi kiper sejak tahun 1990 hingga 2015, Rogerio Ceni total telah mencetak 131 gol.

Namun, dari 131 golnya itu, belum ada satu pun yang dicetak di Piala Dunia, meski Ceni pernah jadi bagian skuad timnas Brasil di Piala Dunia edisi 2002 dan 2006 silam.

Lantas, apakah ada kiper yang pernah mencetak gol di Piala Dunia? Sampai saat ini, hal itu belum pernah terjadi. Barangkali Piala Dunia 2022 akan jadi sejarah pertama.

Namun, ada satu kiper yang nyaris saja mencetak gol di pentas Piala Dunia. Siapa lagi kalau bukan Jose Luis Chilavert, kiper yang memang hobi mencetak sejumlah gol.

Chilavert nyaris saja mencetak gol saat Paraguay melawan Bulgaria pada laga pertama fase Grup D Piala Dunia 1998.

Chilavert mendapatkan momentum untuk mencetak gol saat timnya mendapat hadiah set piece pada menit ke-72. Namun, direct freekick miliknya masih membentur mistar.

Chilavert merupakan kiper dengan jumlah gol terbanyak kedua sepanjang sejarah sepak bola, setelah Rogerio Ceni. Kapten Timnas Paraguay itu membukukan 67 gol.