Piala Dunia 2022

6 Negara Benua Afrika yang Paling Sering Ikut Piala Dunia, Negara Mo Salah Ada?

Rabu, 9 November 2022 16:28 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© Visionhaus/GettyImages
Tangisan Mohamed Salah usai Mesir Tersingkir, Visionhaus/GettyImages Copyright: © Visionhaus/GettyImages
Tangisan Mohamed Salah usai Mesir Tersingkir, Visionhaus/GettyImages

INDOSPORT.COM - Negara-negara dari benua Afrika memang kerap disebut tim hore di Piala Dunia. Namun 6 negara Afrika ini cukup sering ikut Piala Dunia lho, apakah negara Mo Salah ada?

Dalam hal sepak bola, negara-negara dari Afrika memang tidak sementereng negara Eropa dan Amerika Latin untuk kualitas pemain. 

Tapi ternyata kualitas negara Afrika tidak bisa dipandang sebelah mata begitu saja. Beberapa kali mereka membuat kejutan di gelaran akbar sepak bola dunia ini. 

Sepanjang sejarah Piala Dunia sejak digelar pertama kali pada 1930 silam, tercatat sudah 13 negara dari benua Afrika yang memeriahkan kompetisi ini. 

Prestasi terbaik tim asal Benua Hitam di Piala Dunia adalah mencapai babak 8 besar. Sampai saat ini belum ada tim Afrika yang mampu mencapai babak semifinal. 

Pada edisi Piala Dunia tahun 1990, Kamerun menetapkan tolak ukur maksimal dengan mencapai babak 8 besar. 

Saat itu, Roger Milla menjadi bintang timnas Kamerun dalam gelaran Piala Dunia yang terkenal dengan selebrasinya. Kamerun berhasil menang atas Argentina, Rumania, dan Kolombia sebelum akhirnya gugur.

Begitu juga dengan Senegal dan Ghana yang mencapai babak 8 besar pada edisi Piala Dunia 2002 dan 2010. 

Mencapai babak 8 besar di pesta akbar sepak bola Piala Dunia merupakan prestasi terbaik wakil Afrika di Piala Dunia.

Jika membicarakan negara Afrika yang paling sering ikut Piala Dunia, terdapat enam negara yang aktif dalam keikutsertaan di ajang besar ini. Siapa saja mereka?