Bola Internasional

Shin Tae-yong Keluhkan Mental 'Tempe' Pemain Timnas Indonesia U-20

Rabu, 9 November 2022 16:15 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
© PSSI
Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, menyinggung soal nyali atau mental pemainnya selama laga uji coba di Turki. (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, menyinggung soal nyali atau mental pemainnya selama laga uji coba di Turki. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, menyinggung soal nyali atau mental pemainnya. Shin Tae-yong menilai anak asuhnya kerap terkena mental terlebih dahulu meski pertandingan belum dimulai.

Timnas Indonesia U-20 memang kembali meraih kemenangan dalam laga uji coba di pemusatan latihan di Turki. Skuad Garuda Nusantara memang meraih kemenangan saat menghadapi tim asal Turki, Antalyaspor U-20.

Timnas Indonesia U-20 menang dengan skor tipis 3-2. Meski meraih kemenangan, Shin Tae-yong menilai kualitas skuad Timnas Indonesia U-20 harus ditingkatkan perihal fisik dan mental.

Khusus untuk mental, pemain Timnas Indonesia U-20 terkadang sudah merasa kalah terlebih dahulu karena melihat postur tubuh kawan yang lebih besar dari mereka.

"Sebelum main pun para pemain sudah takut duluan, saat main body pun pasti agak kurang," ucap Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong menilai ini menjadi pekerjaan rumah dirinya. Dia pun akan memperbaiki kekurangan ini guna membuat Timnas Indonesia U-20 lebih baik lagi ke depannya.

"Tapi kita memang tidak bisa memperbaiki semuanya secara instan. Tapi kita dapat lakukan perbaikan satu demi satu." jelas pelatih asal Korea Selatan ini.

Selain itu hal lain yang disorot Shin Tae-yong adalah sentuhan bola yang masih kurang. Sehingga perlu ditingkatkan termasuk dengan cara berlatih mandiri.

Sayangnya, para pemain jarang melakukannya. Oleh sebab itu, perkembangan kemampuan pemain dinilai kurang maksimal. "Tapi waktu (pemain) melakukan latihan sendiri-sendiri masih kurang, itu yang sangat disayangkan," pungkas Shin Tae-yong.

Laga kontra Antalyaspor U-20 merupakan uji coba kelima Timnas Indonesia U-19 di Turki. Sebelumnya, Garuda Nusantara telah melahap empat laga persahabatan dengan catatan dua kemenangan, sekali imbang dan sekali kalah.

Timnas Indonesia U-20 mengalahkan Cakallikli Spor dengan skor 2-1 dan Moldova U-20 pada pertemuan pertama dengan skor 3-1.