In-depth

4 Pemilik Klub Sepak Bola Terkaya Dunia, 'Sultan' India Bakal Nyusul dengan Beli Liverpool?

Selasa, 15 November 2022 11:45 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Reuters/Jason Cairnduff
Pemilik Manchester City termasuk salah satu yang terkaya di dunia. Foto: Reuters/Jason Cairnduff. Copyright: © Reuters/Jason Cairnduff
Pemilik Manchester City termasuk salah satu yang terkaya di dunia. Foto: Reuters/Jason Cairnduff.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, kabarnya bakal dijual dan salah satu peminatnya adalah pebisnis kaya raya asal India, Mukesh Ambani.

Jika terelisasi, bukan tidak mungkin juara Liga Champions enam kali tersebut akan menambah panjang daftar klub sepak bola yang memiliki pemilik tajir melintir.

Tidak dapat dipungkiri, bahwa memiliki klub olahraga sudah menjadi kecendurungan yang tidak aneh lagi bagi para pebisnis sukses di luar sana.

Meski mereka awam olahraga sekali pun, nampaknya bukan masalah besar yang akan diperdebatkan publik - selama kucuran dana untuk kesejahteraan klub, staf, dan pemain berjalan lancar.

Di sisi lain, penunjukan jajaran manajemen dan para ahli di departemen-departemen klub juga sangat penting.

Memilih orang yang salah untuk sebuah jabatan bisa berakibat fatal bagi klub, sekaligus berpotensi membuat sang pemilik dicaci maki oleh para suporter.

Di kancah sepak bola saat ini, publik sudah mengenal sejumlah nama investor yang memiliki sejumlah klub papan atas dunia.

Mereka juga sangat kaya raya.

Liverpool, yang saat ini berada di bawah naungan Fenway Sports Group, mungkin bisa menyusul di daftar ini apabila nanti benar-benar dibeli Mukesh Ambani.

Lantas, pemilik klub mana saja yang paling kaya di dunia si kulit bundar sekarang? Simak ulasannya berikut ini.